Oleh : Muh. Sadekan

SMP Negeri 2 Sengkang

Jujur adalah sebuah" />

Jujur, Langkah Penting Menuju Sukses

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Oleh : Muh. Sadekan

SMP Negeri 2 Sengkang

Jujur adalah sebuah kata yang dapat dengan mudah diucapkan, namun sangat sulit untuk dilakukan. Padahal, jujur adalah kunci dari segala hal yang dapat menjadi pembuka hal-hal bersifat kebaikan setelahnya. Ibaratnya, jujur menjadi gerbong kereta dari segala kebaikan yang akan mengikutinya.

Jujur sangat sulit dilakukan karena jujur merupakan bahasa hati. Hati selalu berbicara tentang kebenaran, dan kebenaran tumbuh dari rasa kejujuran. Oleh sebab itu hati tidak pernah bohong.

Kejujuran memiliki dampak besar bagi kehidupan kita, karena tidak ada satu pun manusia yang mau berteman dengan pembohong, alasannya mudah, mereka tidak mau dirugikan. Kejujuran pun memengaruhi kesuksesan kita di masa depan. Bagaimana tidak? Kejujuran bisa membuat orang lain memberikan tanggung jawab besar kepada kita. Saat kita berbohong sekali pun, mereka tidak akan mempercayai dan memberikan tanggung jawan kepada kita.

Namun beberapa dari kita telah menjadikan kebohongan menjadi kebiasaan dan sulit untuk ditinggalkan. Tentu kita hanyalah manusia biasa yang tak luput dati kesalahan, tapi kita harus terus berusaha untuk meninggalkan sifat buruk tersebut.

Manfaat Jujur

Jujur memiliki manfaat bagi kita yang senantiasa melakukannya. Sebagai pelajaran kita harus menanamkan sifat kejujuran dalam diri kita untuk memperoleh manfaatnya. Orang yang jujur akan disayang oleh orang-orang sekitar. Orang yang jujur akan memilki banyak teman serta dapat dipercaya.  Tetapi jika teman-teman telah benar-benar mempercayai kita, janganlah sekali-kali membohongi mereka, sekecil apapun kebohongan kita, mereka mungkin tidak akan mempercayai kita selamanya. Kemungkinan untuk mengembalikan kepercayaan mereka lagi sangat sulit, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sebaliknya, lawan dari jujur (bohong) memiliki akibat atau dampak buruk bagi yang senantiasa melakukannya. Orang yang tidak jujur akan kehilangan kepercayaan dari orang lain. Jika kepercayaan mereka terhadap diri kita telah hilang, mungkin mereka akan mengucilkan kita dari pergaulan di lingkungan tempat tinggal kita. Kepercayaan dari orang lain itu sangat mahal harganya. Jadi, jika kamu menginginkan orang lain mempercayai kita, maka jaga kepercayaan yang telah mereka berikan itu dengan senantiasa berkata dan berbuat jujur dimana pun  dan dalam keadaan apapun.

Dengan berbohong mungkin bisa menyelamatkan kita dari kondisi yang terjadi pada saat itu. Namun demikian, tindakan itu hanya untuk sementara waktu saja, sementara dampak dari kebohongan itu bisa dirasakan selamanya.

Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk membiasakan sifat jujur. Orang yang tidak jujur dapat merugikan diri sendiri, bahkan merugikan orang lain. Orang yang jujur adalah orang yang sedang berjalan mendekati titik kesuksesan, sebaliknya orang yang tidak jujur adalah orang yang sedang menggali kubur kegagalan dalam hidupnya. Sukses adalah dambaan seluruh umat manusia di dunia. Berbagai cara telah mereka lakukan demi hidup bahagia dan sukses, salah satu usaha mereka yaitu mereka berlomba-lomba memiliki ilmu yang banyak. Namun demikian, ilmu yang kita dapatkan itu akan sia-sia jika kita tidak berbuat jujur.

Kejujuran sangat penting untuk diterapkan sejak dini. Membiasakan sikap jujur memang sangat sulit untuk dilakukan, tapi jika kita terus melatih dan berlatih maka kita akan menjadi pribadi yang hebat. Apapun cita-cita yang kita ingin capai insha Allah akan tercapai asalkan tetap berpegang pada prinsip kejujuran.

Jika kita ingin menjadi pengusaha sukses, pasti bisa. Suatu perusahaan besar pasti menginginkan karyawan yang jujur untuk mengelolanya. Bukankah tidak ada perusahaan yang ingin bekerja sama denga orang orang lain yang tidak jujur? Ya alasannya mudah, mereka  tidak ingin perusahaannya menjadi bangkrut. Buat apa berilmu tetapi tidak jujur.

Masih banyak hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Contoh kecilnya yaitu, saat kita dipercaya untuk jadi bendahara kelas, janganlah sekali-kali kita mengambil uang kelas. Jika kita melakukannya teman-teman akan protes dan kecewa  serta kita akan dijauhi oleh teman-teman.  

Usahakanlah untuk belajar setiap hari agar saat ujian kita tidak menyontek. Hasil dari contekan itu bisa melebihi nilai dari orang yang giat belajar dan perilaku tersebut tidak adil terhadapnya.

Bukankah kaita menginginkan orang-orang di sekitar berlaku jujur kepada kita? Tapi pertanyaannya, sudahkah kita berlaku jujur kepada mereka? Jika jawabannya belum, maka jangan mengharapkan mereka juga berlaku jujur pada kita.

Jika kita saat ini memilki impian yang besar, maka wujudkanlah dengan memegang teguh prinsip kejujuran. Kejujuran memang merupakan hal yang pahit untuk kita lakukan, tetapi menghasilkan hasil yang manis. Jika kita memiliki sikap tersebut bersyukurlah sebab kita termasuk orang yang langka. Hanya sedikit orang di dunia ini yang mampu mempertahankan kejujuran dalam hidupnya.

Oleh karena itu, marilah kita membiasakan sikap jujur karena dapat menimbulkan kedamaian, ketentraman serta kenyamanan bagi kita sendiri maupun orang lain. Kejujuran juga akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan hidup di dunia terlebih lagi di akhirat.



Terkait