MGMP PAI SMP DKI Jakarta Launching Jurnal Al Bayan

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jakarta – Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Propinsi DKI Jakarta, akhirnya berhasil melakukan Launching Jurnal Al Bayan, Selasa, 14 Desember 2021.

Kegiatan launching dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi DKI Jakarta dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dan undangan. Antara lain tampak Amrullah, Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama. Sugito, Kepala Bagian Tata Usaha, dan Misbak, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Keagamaan Islam, Agus Sholeh, Kasubdit PAI SMP/SMPLB Direktorat PAI, Herry Zakaria Anshari, Koordinator Program Jurnal Ilmiah, Pengurus MGMP PAI SMP Propinsi DKI Jakarta, segenap undangan dan guru-guru PAI SMP yang mengikuti secara online.

Direktur Pendidikan Agama Islam Amrulah dalam sambutannya menyatakan kebanggaan dan apresiasinya karena MGMP PAI SMP Propinsi DKI Jakarta telah berhasil menerbitkan jurnal ilmiah.

“Ini sesuatu yang membanggakan. Karena tidak mudah menulis di jurnal ilmiah. Harapan saya semoga dengan terbitnya jurnal ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi para guru PAI SMP, khususnya di propinsi DKI Jakarta. Selamat untuk para Pengurus MGMP PAISMP, semoga terus kreatif dan produktif”, tutur Amrullah.

Amrullah menambahkan bahwa kegiatan penerbitan jurnal ilmiah melalui MGMP ini adalah upaya untuk memberdayakan dan menguatkan para guru PAI terus aktif dan produktif dalam melahirkan karya-karya ilmiahnya. Tidak hanya terjebak di rutinitas mengajar di depan kelas.

“Dengan adanya MGMP yang aktif ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi peningkatan kreatifitas dan produktifitas para guru, terutama dalam publikasi karya-karya ilmiah yang selama ini terasa masih kurang”, ungkap Amrullah.

Sementara itu Sugito, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta menyatakan bahwa penerbitan jurnal ilmiah para guru ini merupakan sesuatu yang baru di lingkungan guru-guru DKI Jakarta, apalagi ini karya guru-guru PAI SMP. Karena itu pihaknya sangat mendukung kegiatan ini dan juga merasa bangga terhadap kreatifitas para guru PAI SMP tersebut.

“Saya berharap agar karya ini dapat menyemangati para guru lainnya, tidak hanya untuk SMP, namun juga untuk guru yang lain, baik itu SD, SMA, SMK dan juga Pengawas. Banyak hal-hal yang menarik yang ada di Jakarta yang bisa ditulis dan agar dibaca oleh guru-guru lain di luar Jakarta”, ujar Sugito.

Ke depan, pihaknya akan terus mendorong agar penerbitan jurnal ini dapat terus berlanjut dan diikuti oleh guru-guru yang lain, baik guru PAI di sekolah, maupun guru-guru di madrasah dan pondok pesantren.

“Saya berharap para pengurus MGMP PAI SMP ini dapat menularkan kepada para guru yang lain agar pada tahun depan ada jurnal ilmiah di madrasah dan pondok pesantren”, tambah Sugito.

Sementara itu Ketua MGMP PAI SMP, Kunarso, dalam laporannya menyampaikan bahwa Jurnal Al Bayan telah memiliki ISSN yang dikeluarkan oleh LIPI, baik untuk edisi cetak maupun edisi online.

“Alhamdulillah, Jurnal Al Bayan ini telah memiliki ISSN yang dikeluarkan oleh LIPI. Ini butuh perjuangan yang tidak mudah, karena dunia menulis karya ilmiah masih menjadi sesuatu yang sulit di kalangan para guru.” ujar Kunarso.

Ia juga menjelaskan bahwa fokus dan scope dari Jurnal Al Bayan ini adalah pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) para guru PAI SMP di DKI Jakarta dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

“Jurnal Al Bayan merupakan jurnal untuk pengembangan belajar dan pembelajaran pendidikan agama Islam. Karena itu semua tulisan yang diterbitkan terkait dengan dunia belajar dan pembelajaran PAI di sekolah”, tambah Kunarso yang merupakan guru PAI SMPN 1 Tanjung Priok Jakarta Utara.

Jurnal Al Bayan direncanakan akan terbit 2 kali dalam setahun setiap bulan Oktober dan April. Setiap edisi akan menerbitkan tulisan hasil PTK guru PAI SMP sebanyak 10 – 15 tulisan, baik dariDKI Jakarta maupun dari propinsi lain.

“Jurnal Al Bayan ini dapat terbit karena dukungan penuh dari Kementerian Agama, terutama dari Subdit PAISMP/SMPLB Direktorat Pendidikan Agama Islam dan Kabid PAKIS Propinsi DKI Jakarta. Untuk itu kami ucapkan terima kasih”, kata Kunarso mengakhiri laporannya.

Jurnal Al Bayan dapat diakses di www.albayanjurnal.com.



Terkait