Bidang PAPKIS Kalsel Fasilitasi Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal Pendidikan Agama Islam

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)


Banjarmasin (Direktorat PAI) –  Bidang PAPKIS Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menginisiasi penyusunan kisi-kisi dan soal ujian Pendidikan Agama Islam pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kalimantan Selatan.  

"Kisi-kisi berupa format atau matrik yang membuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau yang hendak disusun. Kisi-kisi juga merupakan deskripsi  kompetensi atau materi yang akan diujikan," ujar Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Kependidikan Agama Islam (PAPKIS) Kanwil Kemenag Prov Kalsel H. Sawiti, Kamis (09/02/23).

Sawiti menyampaikan hal tersebut dalam Rembukan Penyusunan kisi-kisi dan Soal Ujian Pendidikan Agama Islam untuk sekolah di Kalimantan Selatan. Kisi kisi soal tersebut nantinya akan disebar ke seluruh sekolah umum semua tingkatan di Kalimantan Selatan. Acara yang digelar secara virtual tersebut diikuti anggota tim penyusun secara virtual.

“Kisi-kisi ini pada dasarnya hasil rumusan yang nantinya menjadi master atau pedoman pembuatan soal-soal Pendidikan Agama Islam di seluruh sekolah umum. Hal selebihnya diserahkan kepada sekolah yang bersangkutan,” terangnya lebih lanjut.

“Diharapkan, dengan adanya kegiatan pada hari ini akan terwujud keseragaman soal dengan berpedoman pada kisi-kisi yang dibuat pada hari ini baik itu dari tingkat SD, SMP, maupun SMA/SMK,” katanya.

Lebih jauh dirinya juga menilai bahwa adanya kisi-kisi pembuatan soal dapat membentuk bank soal yang dapat dimanfaatkan para Guru Pendidikan Agama Islam sebagai rujukan dalam membuat soal dengan memperhatikan tingkatan, yaitu tingkat kesulitan, kesederhanaan, dan kerendahan soal.

Sementara itu, Ketua Tim PAI Bidang PAPKIS, Pahrina, saat memberikan memandu diskusi, mengatakan bahwa tim penyusun terdiri dari 15 orang berasal dari unsur Guru PAI pada sekolah umum masing-masing tingkatan.

“Mereka adalah para Guru Agama Islam yang dinilai cakap untuk menjadi anggota tim penyusun kisi-kisi dan soal PAI dari unsur guru agama Islam pada sekolah umum tingkat SD, SMP dan SMA/SMK di Kalsel,” jelasnya.

Pahrina menuturkan, mereka diberikan amanah untuk membuat 50 soal dengan 5 ruang lingkup, yaitu Al Qur’an, Aqidah, Akhlak, Fikih, dan Sejarah Islam. “Batas waktu penyusuanan adalah pertengahan bulan Februari. Pada saat itu, diharapkan semuanya akan rampung dan segera didistribusikan ke seluruh sekolah umum di Kalsel,” tegasnya.

Pelaksanaan ujian tingkat akhir pada sekolah umum rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret untuk tingkat SMA/SMK dan untuk tingkat SD dan SMP akan menyusul setelahnya. (PapkisKalsel/TMediaPAI)

Kontributor: Fahrina Hayati (Bidang Papkis Kanwil Kemenag Kalsel)



Terkait