Dihadiri Sekitar 2000 Peserta, FKG PAI TK Kaltara Selenggarakan Manasik Haji Cilik

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Tarakan (Direktorat PAI) – Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKG PAI) Taman Kanak-kanak Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan Manasik Haji Cilik Tahun 2023, pada Kamis 25 Mei 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di Islamic Centre Tarakan, Kalimantan Utara. Dalam kegiatan ini, hadir para tokoh dan pejabat terkait Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kalimantan Utara, di antaranya Bunda PAUD Kalimantan Utara Rachmawati Zainal Paliwang dan Bunda PAUD Tarakan Siti Rujiah.

Turut menghadiri acara ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kaltara yang diwakili oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Tarakan, Iramsyah Noor dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Kota Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan, Muhammad Aslam.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, Bunda PAUD Kalimantan Utara Rachmawati Zainal Paliwang menyatakan apresiasi dan rasa bangganya atas penyelenggaraan Manasik Haji Cilik Kalimantan Utara.

"Selamat kepada Forum Komunikasi Guru PAI TK (FKG PAI) TK Kalimantan Utara dan pihak-pihak terkait atas penyelenggaraan Manasik Haji Cilik ini. Acara seperti ini sangat penting untuk menumbuhkan dasar pemahaman tentang praktik ibadah dalam agama Islam," jelas istri Gubernur Kalimantan Utara Zainal Paliwang ini (25/5).

Dirinya juga menyampaikan harapan atas penyelenggaraan kegiatan ini ke depannya. "Saya berharap, kita dapat menyelenggarakan kegiatan Manasik Haji Cilik pada tahun-tahun mendatang serta kegiatan serupa dalam rangka membangun fondasi keagamaan Islam pada anak-anak," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Tarakan, Iramsyah Noor, menyampaikan pandangannya mengenai kegiatan Manasik Haji Cilik ini. "Kami sampaikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini. Kementerian Agama melalui Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam senantiasa memberikan dukungan atas inisiatif positif guna penguatan pendidikan Agama Islam pada anak-anak," jelasnya.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 2000 anak-anak ini, Ketua FKG PAI TK Provinsi Kalimantan Utara, Prapti Musrifah, menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan Manasik Haji Cilik ini.
"Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berhaji sejak dini serta memotivasi anak-anak untuk taat beribadah kepada Allah Swt," tuturnya, didampingi Ketua FKG PAI TK Tarakan, Ai Suhaedah .

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Manasik Haji Cilik ini. "Saya atas nama FKG PAI TK Provinsi Kaltara menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak untuk pelaksanaan kegiatan ini. Semoga jalinan kerja sama ini dapat terus dikembangkan," pungkasnya. (TimMediaPAI)

Kontributor: Masita, Sitti Raoda





Terkait