Direktur PAI Resmikan Jurnal PAI Ilmiah SMP "Al Qalam"

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Tanjung Jabung Timur (Direktorat PAI) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SMP Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, menggelar acara peluncuran (launching) Jurnal Ilmiah PAI SMP di Tanjung Jabung Timur. Acara yang diselenggarakan pada Senin, 30 Agustus 2022, ini dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Peluncuran dilakukan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah. Selain peluncuran Jurnal Ilmiah PAI SMP "Al Qalam", acara ini juga diisi dengan Seminar Nasional bertema "Moderasi Beragama dalam Bingkai Kebhinekaan".

Hadir dan turut memeriahkan acara ini adalah para pimpinan instansi daerah dari Kantor Kementerian Agama Provinsi dan Kabupaten, di antaranya Kabid Papkis, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanjab Timur beserta jajarannya, dan Kasi Papkis Kemenag Provinsi Jambi.

Dari instansi di luar Kemenag, turut berkenan menyemarakkan peluncuran ini adalah Ketua Komisi 3 Pendidikan DPRD Kabupaten Tanjab Timur, Kabid Kesbangsospol Kab. Tanjab Timur, Sekretaris, Kabid, dan Kasi Pendidikan Dinas Pendidikan Kab Tanjab Timur, Mitra Bestari dari UIN Sultan Thaha Syaifuddin, STAI Jarinabi, dan STIE Al Mujadid,

Di samping itu, dari unsur organisasi mitra pendidikan Kab. Tanjab Timur, hadir seluruh jajaran pengurus MGMP PAI SMP, Ketua MGMP PAI SMA /SMK, dan Ketua MKKS SMP.

Dalam sambutannya, Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah menyatakan ucapan selamat, rasa terima kasih, dan apresiasinya atas peluncuran Jurnal Ilmiah PAI SMP "Al Qalam". "Selamat kepada MGMP PAI SMP Tanjab Timur atas terbitnya jurnal "Al Qalam". Sengaja saya hadir di Tanjung Jabung Timur ini untuk menyapa rekan dan mitra PAI yang berada di daerah, bukan hanya di wilayah yang mudah dikunjungi semisal ibu kota Provinsi," terangnya (30/8/2022).

Dirinya menambahkan, keberadaan jurnal ilmiah PAI SMP ini adalah rintisan dan program baru yang dikembangkan Direktorat PAI pada dua tahun terakhir dalam ikhtiar mewujudkan wadah penulisan karya ilmiah bagi GPAI. " Jurnal ini, bersama 44 jurnal ilmiah PAI lainnya, adalah wadah bagi GPAI untuk menunjukkan dan menuangkan kreativitas pemikiran ilmiah mereka di bidang PAI. Mari kita manfaatkan sebaik mungkin agar menjadi salah satu barometer upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa, khususnya dalam konteks PAI," harapnya.

Lebih jauh, saat menjadi pembicara dalam Seminar Seminar Nasional "Moderasi Beragama dalam Bingkai Kebhinekaan", Amrullah memberikan pandangannya mengenai perlunya menghargai lokalitas budaya dalam membangun kebersamaan dan menghargai perbedaan budaya tersebut.

"Salah satu elemen dasar moderasi beragama adalah menjaga dan menghargai budaya lokal. Jambi dan Sumatra secara umum sangat dekat dengan budaya dan tradisi tarian dan berbalas pantun yang mewarnai berbagai lini sosial dan kehidupan masyarakat. Budaya seperti ini dapat menjadi perekat elemen masyarakat dan karenanya menjadi dasar yang diperlukan bagi moderasi beragama. MGMP dapat memainkan peran penting di dalamnya bersama komponen masyarakat dan pemerintah," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Papkis Kanwil Kemang Provinsi Jambi, Amiruddin, menyampaikan dukungan dan terima kasih atas kunjungan dan kesediaan Direktur PAI untuk menghadiri kegiatan ini. "Apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya atas kehadiran Bapak Direktur PAI. Semoga ini menjadi semangat dan motivasi kita untuk terus mengembangkan dan memperkuat PAI di Tanjab Timur, khususnya dalam mengelola jurnal ilmiah Al Qalam," katanya.

Senada, Kepala Kantor Kemenag Tanjab Timur Muhammad Ikbal menyampaikan dukungan dan motivasi atas peluncuran Jurmal Ilmiah PAI SMP Al Qalam. "Selamat atas peluncuran jurnal Al Qalam. Terima kasih atas dukungan Direktorat PAI dalam mewujudkan jurnal ini. Semoga jurnal Al Qalam mampu membawa GPAI SMP ke arah yg lebih baik lagi dan mampu melahirkan jurnal-jurnal selanjutnya. Saya harapkan, melalui karya ilmiah yang ada, GPAI mampu menjadi pribadi-pribadi yang dirindukan siswanya," harapnya.

Ajang peluncuran jurnal dan seminar ini juga melahirkan komitmen penting untuk pengembangan dan kerja sama dengan mitra terkait. Dalam kaitan ini, ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua komisi 3 DPRD Kab Tanjab Timur Firmansa Ayusda menyatakan akan memperjuangkan hak GPAI di forum nasional.

Di luar itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur menyakatan akan selalu bersinergi dengan Kementerian Agama dalam rangka melahirkan kreativitas GPAI Tanjab Timur. Demikian pula Kabid Kesbangsospol Kab Tanjab Timur yang menyatakan dukungannya atas kegiatan MGMP PAI SMP Tanjab Timur.

Selaku penyelenggara acara, Ketua MGMP PAI SMP Tanjung Jabung Timur Siti Masitah menyampaikan rasa haru dan harapannya atas peluncuran jurnal Al Qalam. "Kami sangat bersyukur karena tidak menyangka jika Bapak Direktur PAI berkenan hadir dan bertatap muka dengan semua GPAI SMP nun jauh di ujung Sumatra ini. Silaturahmi ini menjadi kado istimewa bagi kami tim Jurnal Al Qalam," pungkasnya. (Adel/SubditSMP)



Terkait