FKG PAI TK Kaltara Gelar Dialog dengan Bunda PAUD-TK Kaltara

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Tanjung Selor (Dit. PAI) -- Bertempat di Pendopo rumah jabatan Gubernur Kalimantana Utara, Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKG PAI) Kalimantan Utara mengadakan kegiatan Silaturrahmi Bersama Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Utara, Selasa ( 25/7/2023 ).

Kegiatan ini merupakan pertemuan masif antara guru PAUD TK PAI Se-Kalimantan Utara dengan mengusung Tema “Kita Wujudkan Generasi Yang Cerdas dan Berakhlak “ yang dihadiri kurang lebih 100 orang.

Kegiatan ini bertujuan memotivasi guru untuk terus berinovasi khususnya di bidang Pendidikan Agama Islam yang dikemas dalam diskusi dan dialog bersama ibu Gubernur Kaltara, Bunda Rahmawati Zainal Paliwang.

Dalam sambutannya, dirinya berpesan agar guru-guru PAUD TK PAI dapat meningkatkan literasi di PAUD-TK  dan memiliki keterampilan membacakan buku kepada anak-anak khusus anak usia dini.
Mari mengajak anak anak-anak kita agar gemar membaca dan cinta buku sejak dini. Saya sangat sangat mengapresiasi para guru PAUD TK PAI karena  tugas dan pekerjaannya yang sangat mulia.  Saya menilai, para guru PAUD TK PAI sangat antuasias mendidik dan membimbing anak-anak seperti anak sendiri. Tidak semua orang bisa melakukannya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKG Provinsi Kalimantan Utara, Bunda Prapty Yasin, mengajak para guru PAUD TK PAI untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi agar memiliki wawasan keilmuan yang mumpuni.

Antuasias para guru TK PAI sangat tinggi. Hal ini terlihat saat kegiatan diskusi dan dialog banyak dengan memberikan berbagai pertanyaan, berbagi praktik baik, saran dan usulan, bahkan berbagi tips berprestasi di ajang Gebyar TK PAI tingkat nasional.

Turut hadir dalam kegiatan ini ketua Himpaudi Kaltara, IGTKI Kaltara, Pokja Bunda Paud Provinsi, PKK Provinsi, dan Kakanwil Kementrian Agama Kaltara.

Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Utara, yang diwakili oleh Ketua Tim Seksi PAI & Sistem Informasi Pendis, Sitti Raoda, menyampaikan pentingnya pembinaan para Guru TK PAI untuk meningkatkan kapasitas diri melalui penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan penguasaan IT sebagai jawaban menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Nur Inayah Z, salah satu guru TK PAI dari Kabupaten Tana Tidung menyampaikan pandangannya mengenai acara ini.

"Terima kasih kami ucapkan kepada FKG PAI Provinsi Kaltara yang sudah menginisiasi kegiatan ini. Kegiatan ini sangat positif untuk selalu menjalin silaturrahmi antar guru TK PAI. Banyak ilmu dan informasi yang saya dapat, tentunya banyak mengenal guru-guru yang datang dari 5 kabupaten kota Se-Kaltara. Hal demikian akan menambah semangat kami dalam berkiprah di dunia Pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam, Pendidikan yang sangat mendasar yang harus ditanamkan kepada anak usia dini, " katanya. (Rao/TimMediaPAI)

Kontributor: Sitti Raoda, SE, MM, Ketua Tim Seksi PAI & Sistem Informasi Pendis Kanwil Kemenag Kaltara



Terkait