Gelar Refresment Pelatih Provinsi, Direktur PAI Harap PPKB Tingkatkan Kompetensi Guru Secara Berkala

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Manggarai Barat,--(Dit PAI) Direktorat Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama RI melaksanakan Refreshment Pelatih Provinsi jenjang PAUD/TK pada tanggal 20-22 Juni 2023. Kegiatan ini digelar untuk memberikan penguatan, upgrade kompetensi dan keterampilan bagi Pelatih Provinsi jenjang PAUD/TK untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI).



Direktur PAI Amrullah menyatakan, Refreshment adalah salah satu rangkaian yang perlu dilakukan untuk memberikan pembekalan bagi pelatih provinsi PPKB.


"Mungkin ada perubahan kurikulum ataupun perkembangan teknologi yang harus dilakukan semacam update kompetensi informasi, karenanya refreshmen ini penting dilakukan", terang Direktur PAI, Amrullah saat membuka kegiatan secara daring, Selasa (20/6).


"Alhamdulillah, kita punya tim pengembang yang selalu mengawal terkait hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru", imbuh Pria yang akrab disapa Kang Amrul.


Amrullah berharap peserta refreshmet Pelatih Jenjang TK selama tiga hari ini dapat mengikuti kegiatan dengan maksimal. "Peserta yang hadir secara Daring dan luring itu sama saja, yang penting adalah informasi-informasi terkait materi yang akan disampaikan oleh para narasumber atau para pelatih nasional dapat diserap dan betul-betul dipahami dan dapat terkonfirmasi dengan baik. Sehingga nanti materi bahan yang sudah disiapkan oleh teman-teman itu betul-betul dipahami", kata pria asal Banten ini.


Amrullah menegaskan PPKB GPAI adalah salah satu Program Mandatori yang dilakukan secara berjenjang, berkala dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan Guru PAI, berdasarkan hasil Pemetaan Kompetensi Guru PAI di seluruh Imdonesia.


Direktorat PAI dalam melaksanakan PPKB GPAI didukung dengan para Pelatih, Pelatih Nasional, Provinsi dan Pelatih Daerah yang direkrut dari GPAI semua jenjang, PAUD/TK, SD, SMP, dan SMA.


"PPKB adalah salah satu program mandatori dari Kementerian Agama yang tentu harus kita lakukan setiap tahun", ujar Amrullah.


Lebih lanjut Direktur PAI mengatakan bahwa Pelaksanaan PPKB dimulai dengan rekrutmen pelatih nasional kemudian pelatih provinsi dan juga pelatih daerah.

walaupun Pelatih ini masih sangat kurang dibandingkan dengan guru PAI yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.


"Peserta yang hadir kesempatan ini adalah orang-orang terpilih yang melalui seleksi yang ketat dari latar belakang yang sangat komprehensif. Kita juga ingin melihat bahwa kemampuan yang dimiliki para guru sudah sesuai dengan kurikulum yang update dan nanti diimplementasikan oleh guru-guru yang tersebar di tanah air", ungkap Amrullah.


Direktorat PAI lanjut Amrullah, punya komitmen untuk terus melakukan peningkatan kompetensi guru PAI di seluruh Indonesia. "Kita mempunyai tugas yang sangat berat dan kita harus mempunyai komitmen tinggi, kemauan yang keras, kemauan yang tinggi. Dengan demikian pasca refresmentt akan mendapatkan hasil yang optimal,", pungkas Alumni UIN Jakarta ini.



Kegiatan Refreshment ini dilaksanakan dari tanggal 20 s.d 22 Juni 2023, dan diikuti sebanyak sejumlah 48 Orang dari kalangan GPAI PAUD/TK yang tersebar di berbagai Provinsi. (Sgg)



Terkait