Gelar Rekrutmen Pelatih PPKB, Kakanwil Kemenag Sumut: Untuk Hasilkan Guru PAI Berkualitas

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)



Medan (Dit. PAI). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Abd. Amri Siregar,memberi sambutan pada Rekrutmen Pelatih Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Pendidikan Agama Islam melalui virtual zoom, Kamis (30/03). Kegiatan Rekrutmen diikuti 288 peserta dari kabupaten/kota. Peserta akan mengikuti sesi ujian Computer Based Test (CBT) dan juga wawancara.

Kegiatan tersebut diperuntukkan kegiatan ini untuk mencari pelatih daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan agar bisa melatih guru-guru yang ada di Kab/Kota.


Kakanwil menyampaikan rekrutmen PD PPKB PAI adalah upaya memilih guru PAI yang memenuhi persyaratan sebagai pelatih pengembangan kompetensi guru PAI di tingkat daerah. Sebab Pelatih Daerah adalah garda terdepan peningkatan kompetensi guru PAI.

“Seleksi ini merupakan cara agar mendapatkan pelatih yang memiliki kompetensi dan penguasaan substansi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), serta teknis pembelajaran yang efektif, interaktif, dan komunikatif. Diharapkan dapat melatih guru-guru kita di daerah,” ucap Kakanwil.



Abd. Amri juga mengatakan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai kebutuhan secara bertahap berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru.


Kakanwil berharap semoga peserta dapat mengikuti kegiatan ini dimana 282 peserta mengikuti secara daring 282 dan 6 peserta ikut secara langsung dapat mengikuti proses rekrutmen dengan baik untuk mewujudkan guru mulia dalam mencapai Indonesia Emas 2045.


“Mari kita sukseskan kegiatan rekrutmen ini dengan mengimplementasikan belajar sepanjang hayat untuk mewujudkan guru mulia dalam mencapai Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Mudzakkir, S.ag, M.Pd tim pendamping Pusat direktorat PAI (Pendidikan Agama Islam) Kementerian Agama RI mengatakan pada pelaksanaan rekrutmen berjalan dengan baik. Bahkan kehadiran peserta dalam ujian CBT dan Ujian Wawancara secara online menakjubkan yaitu mencapai 98%.


“Acara ini sangat menggembirakan, peserta yang mendaftar semua bisa hadir pada ujian CBT dan wawancara. Keaktifan peserta rekrutmen ini luar biasa, insya Allah memecahkan rekor 97,7% dari seluruh pendaftaran. Sangat membanggakan,” ujarnya.


Ia juga mengapresiasi seluruh pihak yang menyukseskan Rekrutmen tersebut. Ia berharap dengan kegiatan ini dapat membantu peningkatan kompetensi guru PAI se Sumatera Utara. Semua sudah terlaksanakan dengan baik. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Kabid PAKIS, dan pelatih provinsi di Sumatera Utara. Dedikasi yang luar biasa. Semoga calon pelatih daerah lulus dan membantu meningkatkan kompetensi guru PAI seSumatera Utara.


Sementara itu Tim Pusat PPKB yang turut mendampingi kegiatan, Sudarjat mengatakan, proses pelaksanaan rekrutmen PPKB di Sumatera Utara sangat baik dan para peserta dapat mengikuti proses demi proses dengan baik dan cukup menggembirakan.


“Menurut saya cukup keren di Sumatera Utara dibanding dengan yang lain. Proses wawancara dapat dilakukan dengan baik dan jawaban-jawaban yang disampaikan sesuai dengan yang diharapkan. Mudah-mudahan rekrutmen ini melahirkan pelatih daerah yang luar biasa,” tambah Sudarjat.



Terkait