Jurnal Ilmiah PAI Tingkatkan Minat Menulis GPAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Medan (Dit. PAI) – Bidang Pakis Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pelatih Provinsi PPKB di Hotel Grand ORRI Berastagi Kabupaten Tanah Karo pada tanggal 11-12 November 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Pakis Muksin Batubara, Pengembang Teknologi Pendidikan Bidang Pakis Sari Putra, Ketua KKG SD Erwin Wasti, Ketua MGMP PAI SMP Reza Pahlevi, Pengurus MGMP PAI SMA, dan seluruh pelatih Provinsi PPKB Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Kabid Pakis menyatakan bahwa kegiatan Peningkatan Kompetensi Pelatih Provinsi PPKB dilaksanakan untuk penguatan dan upgrading kompetensi pelatih provinsi Program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam.

"Diharapkan, acara ini mampu menghasilkan ouput yang optimal terkait upaya peningkatan kompetensi pelatih provinsi PPKB GPAI di wilayah Sumatera Utara," ujarnya (11/11).
Dalam kesempatan tersebut, Muksin Batubara juga menyinggung keberadaan Jurnal Ilmiah PAI SMP Dirasatuna yang digawangi oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Sumatera Utara berbasis dukungan dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama.

"Selain mendorong budaya literasi penulisan ilmiah secara umum, kehadiran Jurnal Dirasatuna dapat meningkatkan minat penulis di kalangan guru-guru PAI, khususnya di Sumatera Utara. Selain itu, keberadaan jurnal ini juga dapat membantu guru PAI dalam pengusulan angka kredit untuk kenaikan pangkat," imbuhnya.

Meyampaikan pendapatnya secara terpisah, Ketua MGMP PAI SMP Sumater Utara Reza Pahlevi menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya atas terbitnya Jurnal Dirasatuna.

"MGMP PAI SMP Sumut menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian Agama melalui Direktorat PAI untuk penerbitan Jurnal Dirasatuna. Semoga ini menjadi langkah konstruktif dan berkelanjutan dalam rangka mendukung budaya penulisan karya ilmiah GPAI di Sumatera Utara," harapnya.

Senada dengan Reza Pahlevi, Pemimpin Redaksi Dirasatuna, Mulkies, menyampaikan optimismenya mengenai keberadaan Jurnal Dirasatuna. "Jurnal Ilmiah dapat mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi GPAI dari sisi karya ilmiah. Mari terus berkolaborasi dan saling mendukung serta belajar menulis karya ilmiah," terangnya. (Subdit SMP)





Terkait