Kanwil Kemenag Maluku Utara Seleksi Calon Pelatih Daerah PPKB GPAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Ternate (Dit. PAI), Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara melaksanakan Rekrutmen Pelatih Daerah (PD) untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Seleksi ini dilaksanakan di ruang Modeling Development Center (MDC) Bidang pendis selama 4 hari pada tanggal 31 Oktober sampai 3 November 2022.


Kepala Bidang Pendidikan Islam Kemenag Provinsi Maluku Utara, Abdurrahman M. Ali mengatakan pelaksanaan seleksi Pelatih Daerah akan membuat PPKB yang telah berjalan ke depannya akan semakin baik. “Saya berharap peserta yang berhasil dalam seleksi ini benar-benar dapat melaksanakan tugas secara baik untuk peningkatan kualitas guru,” jelasnya.


Dalam kesempatan yang sama, Abdurahman Assagaf selaku Subkor PAI Maluku Utara, mengatakan proses seleksi dilaksanan secara daring. “Kegiatan ini berjalan dengan baik, karena sudah tersistem dengan baik, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.


Ia berharap peserta seleksi dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, dan ketika telah lolos menjadi Pelatih Daerah agar dapat bersama-sama berjuang untuk memajukan Pendidikan Agama Islam di Wilayah Maluku Utara.


“Setelah proses ini, nantinya mari kita bersama-sama memajukan PAI ini khususnya di Kabupaten/Kota masing-masing,” ujarnya kepada para peserta.


Sebelum sesi wawancara, Pelatih Nasional PPKB GPAI, Ahmad Taufik yang turut mendampingi proses seleksi berpesan kepada Pelatih Provinsi yang melaksanakan wawancara untuk menjalankan tugas dengan baik. “Jadikan suasana wawancara senyaman mungkin supaya peserta tidak canggung dan tegang,” pesannya.


Taufik menambahkah setelah peserta mengukti wawancara diharapkan memantau SIAGA, karena hasil dari rekrutmen ini muncul di SIAGA.


“Semua yang terkait dengan PPKB GPAI telah terintegrasi atau tersistem, nantinya peserta dapat melihat hasil seleksi di akun SIAGA-nya masing-masing.” pungkasnya.


Kegiatan seleksi PD PPKB diikuti oleh 20 Guru PAI dari jenjang SD, SMP, SMA,dan SMK. Calon peserta seleksi ini nantinya akan disiapkan sebagai Pelatih PPKB PAI tingkat Kabupaten/Kota se-Maluku Utara. Adapun peserta berasal dari Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Kota Ternate, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Kepulaluan Sula (Sugeng/ Tim Media)



Terkait