Bogor (Dit PAI) KelompokKerja Guru PAI (KKG-PAI) Kecamatan Menteng menggelar kegiatan Pesantren Kilat.Kegiatan tersebut berlangsung di Pondok" />

Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI MENTENG GELAR PESANTREN KILAT

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Bogor (Dit PAI) KelompokKerja Guru PAI (KKG-PAI) Kecamatan Menteng menggelar kegiatan Pesantren Kilat.Kegiatan tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Baitul Quran BaiturrahimCiampea Bogor Pimpinan Ustadz Sanusi pada Jumat-Ahad 17-19 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Ketua KKGPAI Kecamatan Menteng Ahmad Izzuddin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukansebagai bentuk menumbuhkan karakter peserta didik dan mengenalkan budayapesantren kepada peserta didik di sekolah dasar dengan merasakan langsungselama 2 malam 3 hari.

"Peserta PesantrenKilat ini rutin dilaksanakan 2 tahun sekali. Pada tahun ini sebanyak 145peserta dari sekolah negeri dan swasta yang ada di kecamatan Menteng. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari 2 malam, mereka “mesantren” langsung merasakan kehidupan diPesantren,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua KKG PAIkota Jakarta Pusat Hidayatullah mengapresiasi Pesantren Kilat yang diadakanolehKKG PAI kecamatan Menteng ini sebagai pelajaran bermakna bagi peserta didik,“Pesantren Kilat model ini yakni membawa peserta didiknya langsung “mesantren”hanya ada di Menteng belum ada di kecamatan lain, dan berharap bisa diterapkandi kecamatan lain” ujarnya

Ketua KKG PAI DKI JakartaWarya A Nasrullah ikut menegaskan pula bahwa pesantren kilat model ini yaknipeserta langsung “mesantren” di pesantren selama ini belum ada selain diMenteng.

Ia berharap agar programtersebut mendapat dukungan dari Kemenag RI dalam hal ini Dirjen PAI dan DinasPendidikan DKI Jakarta agar masuk anggaran.

Kegiatan pesantren kilat inidiantaranya dengan pengenalan budaya pesantren, penguatan keaswajaan, moderasiberagama, tadarus al Quran, dongeng islami, nonton bareng film islami inspiratif,memanah, berkuda, berenang dan senam sehat.

Pelepasan pemberangkatanpeserta sendiri dilaksanakan di SDN Cikini 02 dengan dilepas oleh Bapak Marjono,M.Si selaku Kasatlak Pendidikan Kec. Menteng, dengan mendukung sepenuhnyakegiatan pesantren kilat ini untuk menumbuhkan karakter peserta didik.

Hadir dalam acara pelepasan PengawasPAI Kec. Menteng, Ahmad Zaki, Pengawas SD Kec. Menteng, Rukaedi, Ketua K3S Kec.Menteng, Irawan, Ketua PGRI Kec. Menteng, Edi Kusyanto serta para KepalaSekolah se Kecamatan Menteng.



Terkait