Launching Aplikasi MELON, Kankemenag Banjar Harapkan Peningkatan Layanan Pencairan TPG PAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Martapura (Direktorat PAI) - Dalam rangka optimalisasi pelayanan publik pada Satuan Kerja Pendidikan Agama Islam, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar meluncurkan layanan berbasis online yang diberi nama layanan Meja Layanan Online (MELON). Palikasi ini diresmikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, Najwan Noor, pada Senin 26/09/2022.

Najwan Noor menyampaikan, MELON merupakan generasi baru dalam aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). “MELON ini merupakan pengembangan PTSP yang telah digunakan Kankemenag Kab. Banjar sejak 2019 lalu,” tutur Najwan

Dengan keberadaan MELON, Najwan berharap pelayanan Kankemenag Kabupaten Banjar dapat memiliki jangkauan yang lebih luas. “Aplikasi ini juga diharapkan lebih mempermudah dan mempercepat proses pelayanan publik di Kabupaten Banjar,” imbuhnya.

Dikatakan Najwan, pembuatan aplikasi MELON didorong oleh beberapa faktor. Pertama, adanya keinginan masyarakat untuk melakukan konsultasi via online. “Mulai dari konsultasi segala administrasi yang berkesinambungan dengan Satker PAIS,” jelas orang nomor 1 di Kemenag Banjar ini.

Secara khusus dan terkait PAI, dirinya menjelaskan salah satu manfaat MELON bagi pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG). "Dengan Aplikasi MELON, kami harapkan layanan proses pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Guru Pendidikan Agama Islam berbasis online data lebih optimal dijalankan, bersmaan dengan layanan haji dan umrah secara online, serta layanan penyediaan data secara online," harapnya.

Kebutuhan para pendidik Agama Islam ini menurut Najwan ternyata seirama dengan Kankemenag Kab. Banjar yang berkeinginan untuk melakukan sejumlah layanan secara online.

“Kami juga berkeinginan melakukan survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) berbasis online, untuk mengukur kualitas pelayanan publik yang kita jalankan,” jelas Najwan.
Pada aplikasi yang dapat diakses secara online ini bisa disimak melalui tutorial lengkapnya di https://youtu.be/05hq6GnDKMU. (Mushawwir/Yanti/KankemenagBanjar)

Kontributor:Fahrina Hayati (PTP Ahli Muda Bidang Pakis Kanwil Kemenag Kalsel)



Terkait