Manasik Haji PAUD/TK, Sarana Penanaman Dasar Iman dan Akhlak Mulia pada Anak

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Way Mengaku (Direktorat PAI) – FKG PAI TK Kabupaten Lampung Barat mengadakan kegiatan manasik haji bagi peserta didik PAUD/TK se-Lampung Barat pada Selasa (23/8). Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Baiturrahim, Way Mengaku, di kompleks Pemda Kabupaten Lampung Barat.

Diikuti sekitar 500 peserta didik PAUD/TK dari 20 lembaga pendidikan dari berbagai wilayah di Lampung Barat, kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama antara FKG PAI TK Kabupaten Lampung Barat dengan berbagai pusat kegiatan Gugus PAUD pada beberapa kecamatan setempat (Balik Bukit, Sukau, Batu Brak, dan Belalau).

Diikuti dan diawasi para orang tua masing-masing, kegiatan manasik haji ini dijalankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan kebutuhan dasar peserta didik.

Berbagai kalangan turut menghadiri kegiatan ini, di antaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat, Maryan Hasan, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemda Kabupaten Lambar, Sugeng Raharjo, Kepala Seksi PAPKI Kemenag Lambar, Ali Mukhtar, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Pirdaus Sablie, beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat, Maryan Hasan, menyatakan dukungan dan apresiasinya atas kegiatan ini. “Mengenalkan norma Agama Islam pada usia dini sangat penting dijalankan. Manasik haji bagi peserta didik PAUD/TK adalah bagian dari upaya tersebut. Oleh karenanya, kami sangat apresiatif dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” katanya (23/8).

Sementara itu, Bupati Lampung Barat, yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sugeng Raharjo, mengharapkan tindak lanjut dan kerja sama lebih jauh dari kegiatan semacam ini. “Kami berharap, ke depannya 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat dapat dirangkul oleh FKG PAI TK dalam melaksanakan kegiatan keagamaan Islam seperti ini, sehingga upaya untuk memperkuat Pendidikan Agama Islam di Lampung Barat menjadi langkah bersama,” pintanya.

Saat melaporkan pelaksanaan kegiatan, ketua penyelenggara kegiatan, yang juga adalah Ketua FKG PAI TK Lampung Barat, Maya Safitri menjelaskan tujuan kegiatan ini. “Kegiatan manasik haji ini merupakan salah satu program kerja FKG PAI TK yang bertujuan untuk mengenalkan rukun Islam yg ke-5,” tuturnya, ditimpali harapan agar kegiatan seperti ini dapat terus diadakan pada tahun-tahun mendatang.

Ditemui terpisah, Kasubdit PAI pada PAUD/TK Direktorat PAI, Lelis Tsuroyya Herniatin, menyampaikan dukungan dan pandangannya mengenai kegiatan manasik haji bagi peserta didik PAUD/TK. “Direktorat PAI mendukung kegiatan semacam ini. Masa Emas (Golden Moments) pada anak usia dini harus diisi dan diperkuat kegiatan yang menjadi dasar keimanan dan akhlak mereka. Kegiatan semacam ini kami harapkan juga mampu menjadi perekat silaturahim dan komunikasi berbagai pemangku kepentingan PAI, FKG PAI TK salah satunya,” jelasnya

(Suharno/SubditPAUD-TK).



Terkait

Beralamat Sama, Beragama Beda

Branding Guru PAI di Era Informasi

Bersih Itu Indah