Peluncuran Jurnal “Dhabit”, Wadah dan Jembatan Inspirasi PAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)


Salatiga (MGMP PAI SMP Jateng/DitPAI) -- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Jawa Tengah secara resmi meluncurkan Jurnal Pendidikan Islam “Dhabit” di Salatiga, Jawa Tengah (25/1). Kegiatan peluncuran (launching) Jurnal “Dhabit” MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan di Grand Wahid Hotel Salatiga dengan dukungan dari Bidang PAI Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Launching jurnal Pendidikan Islam “Dhabit” dihadiri oleh Kepala Kantor dan Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam beserta seluruh jajaran Bidang PAI (Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah), Kasubdit PAI SMP/SMPLB (Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama). Turut hadir dalam acara ini tim redaksi jurnal Dhabit, para pengurus MGMP PAI SMP Kab/Kota, dan perwakilan guru PAI SMP se-Jawa Tengah.

Acara diselenggarakan dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya dengan pembatasan peserta. Oleh karenanya, untuk mendukung pemberitaan, acara ini juga dikemas secara virtual melalui dukungan aplikasi virtual meeting yang dihadiri para Ketua MGMP PAI SMP Provinsi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad mengapresiasi lahirnya jurnal “Dhabit”.

“Penerbitan jurnal ‘Dhabit” ini menjadi salah satu terobosan inovatif transformasi layanan Kementerian Agama, khususnya layanan digital dan program layanan secara umum,” tuturnya.

Lebih jauh, Musta’in menyampaikan bahwa tulisan merupakan salah satu bukti abadi karya intelektualitas seseorang.

“Keberanian dalam menulis merupakan keberanian yang bertanggung jawab dan menjadi standar bagi seorang intelektual. Tulisan dalam jurnal Dhabit dapat menjadi alternatif penting dalam upaya menyampaikan gagasan yang progresif dan bermanfaat,” pungkasnya.

Di akhir arahannya, Mustain Ahmad secara resmi melaunching Jurnal Pendidikan Islam “Dhabit”.

Senada dengan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kasubdit PAI SMP/SMPLB Agus Sholeh juga menyampaikan apresiasi mendalam dan ungkapaan terima kasih kepada MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah atas dilaunchingnya jurnal Pendidikan Islam “Dhabit”.

“Terima kasih dan selamat kepada MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah atas kerja keras dan peluncuran jurnal Pendidikan Islam Dhabit. Jurnal ini diharapkan mampu menjadi wadah pengembangan ide sekaligus jembatan inspirasi bagi guru PAI, peserta didik, dan pemangku kebijakan untuk bergerak di bidang intelektual,” harapnya.

Ia menyampaikan, pada awalnya rencana launching jurnal hasil pembinaan dari Direktorat PAI (sejumlah 20 buah jurnal) akan dilaksanakan di Jakarta. Namun, jika hal ini dilakukan, rasa memiliki dari Kakanwil, Kabid PAI/PAKIS, MGMP PAI SMP Provinsi, MGMP PAI SMP Kab/Kota, dan para guru PAI akan berkurang. Untuk itu, launching jurnal dilakukan di wilayah masing-masing agar rasa memiliki mereka semakin kuat.

“Ke depan, tulisan-tulisan dari para guru PAI dalam jurnal ini eloknya tidak hanya dibaca oleh kalangan di Jawa Tengah saja, melainkan juga di seluruh Indonesia dan dunia. Untuk itu, dalam perjalanan mendatang, jurnal-jurnal yang dihasilkan dari binaan Kementerian Agama akan diusulkan untuk mendapatkan Sinta dari kemdikbud,” tutur Agus Sholeh.

Jurnal ini mempunyai motto Otentik, Cermat, Menginspirasi. Eksistensi jurnal “Dhabit” bertujuan untuk memotivasi para guru PAI dalam menulis. Selain itu, “Dhabit” hadir untuk mengakomodasi ide, pemikiran, dan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam atau pembelajaran PAI dari para guru Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya di Jawa Tengah.

Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah Yaskur mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil, Kepala Bidang PAI, serta Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI atas segala dukungan sehingga jurnal pendidikan Islam “Dhabit” dapat terbit dan dilaunching. Selain itu, ia juga mengapresiasi tim redaksi atas kerja kerasnya hingga mampu menerbitkan jurnal “Dhabit”.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara kegiatan sekaligus pemimpin Redaksi Jurnal “Dhabit” Syaekudin menyampaikan rangkaian perjalanan penerbitan jurnal pendidikan Islam “Dhabit”. Penerbitan jurnal tidak terlepas dari kerja keras tim redaksi dan dukungan dari para guru PAI se-Jawa Tengah. Jurnal Dhabit sudah mempunyai e-ISSN dan p-ISSN. Jurnal ini berisi kajian dan hasil penelitian dari para guru PAI SMP di Jawa Tengah. Untuk e-ISSN dapat diakses melalui https://dhabit.web.id/.

Kegiatan ini ditutup dengan pengarahan Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Imam Buchori. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktorat Pendidikan Agama Islam dengan terobosan profresif untuk melahirkan jurnal pendidikan Islam secara nasional.

“Bidang PAI Kemenag Provinsi Jawa Tengah memiliki perhatian tersendiri terhadap penerbitan jurnal PAI. Bidang PAI Kemenag Provinsi Jawa Tengah sudah menerbitkan jurnal “PAIS” secara kontinu. Semoga keberadaan jurnal “PAIS” dapat diperkuat oleh jurnal “Dhabit” ini. Kedua jurnal ini semoga makin memotivasi pengembangan PAI di Jawa Tengah,” ujarnya. (HES/Tim Media PAI).

Kontributor: Syaekudin

Editor : Saiful Maarif



Terkait