Kota Tangerang

Direktur PAI Launching Jurnal Tsiqoh Karya MGMP PAI SMP Banten

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Kota TangerangDirektur Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Amrullah menghadiri acara launching Jurnal ilmiah TSIQOH yang diinisiasi oleh Pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Banten di Aula Kantor Kemenag Kota Tangerang, Rabu (5/1/2022).

Acara Launching juga dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Propinsi Banten Nanang Fathurrahman, Kabid PAPKIS Encep Syarifuddin Muhyi, Kasubdit PAI SMP/SMPLB Ditjen Pendidikan Islam Agus Sholeh, Kankemenag Kota Tangerang Samsuddin, dan perwakilan pengurus KKG PAI SD, MGMP PAPI SMP dan MGMP PAI SMA/SMA propinsi Banten.

Direktur PAI dalam sambutannya mengapresiasi kerja MGMP PAI SMP Propinsi Banten yang telah membuat inovasi baru untuk meningkatkan mutu dan kompetensi guru PAI di wilayah Propinsi Banten.

“Ini adalah sesuatu yang membanggakan. Apalagi saya ini orang Banten. Dan pernah jadi guru. Saya berharap agar dengan terbitnya jurnal ini dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas para guru PAI SMP di Banten”. kata Amrullah.

Amrullah menambahkan bahwa Kementerian Agama terus berusaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru PAI di sekolah. Dengan adanya MGMP ini maka upaya untuk memberdayakan dan menguatkan guru PAI di sekolah menjadi lebih efektif.

“Saya berharap agar para guru PAI tidak terjebak dalam rutinitas mengajar di kelas. MGMP diharap dapat lebih aktif lagi menjadi wadah bagi para guru dalam peningkatan kompetensi, termasuk publikasi karya-karya ilmiah yang selama ini terasa masih kurang”, ungkap Amrullah.

Dirinya juga terkesan dengan nama jurnal, yaitu Tsiqoh. menurutnya, istilah ini banyak digunakan didunia mustalah hadits untuk menunjukkan integritas seorang ahli hadits. Tsiqah adalah sebuah syarat yang harus dimiliki oleh setiap ilmuwan muslim, yang secara terminologi adalah gabungan dari dua sifat yaitu ‘âdildan dhâbith. ‘Âdil menurut Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Nuzhah al-Nadzar adalah suatu kemampuan untuk selalu konsisten dalam ketakwaan dan muru’ah (berkepribadian baik). Sedangkan dhâbith adalah orang yang mantap keilmuannya.

“Jadi Tsiqoh adalah sikap untuk selalu konsisten dalam ketakqwaan dan muru’ah disertai dengan kemampuan ilmu yang mantap. Moga-moga ini bisa menjadi pegangan dan motivasi bagi para guru PAI di Banten”, ujar Amrullah yang bernah bertugas di Kanwil Propinsi Banten.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Faturrohman meminta agar para guru PAI menjadi panutan yang digugu bicaranya sebagai ilmu dan ditiru tindakannya sebagai teladan, baik di dalam maupun diluar kelas.

“Saya bangga dan terharu. Saya yakin ada banyak guru PAI hebat di Banten ini. Karena itu saya berharap agar jurnal ini dapat menyemangati para guru untuk menebarkan pesan-pesan agama Islam yang rahmatan lil'alamin”, ujar Nanang Fathurrahman.

Pihaknya akan terus mendorong agar penerbitan jurnal ini dapat menjadi media yang efektif dalam mengkampanyekan kebijakan-kebijakan Kementerian Agama, terutama program moderasi beragama.

“Saya akan mendorong agar para Pengurus MGMP PAI SMP bisa menjadikan jurnal ini sebagai media yang efektif dalam mengampanyekan program moderasi beragama. Sebab program ini adalah program strategis Kementerian Agama.” pinta Nanang, yang pernah menjabat sebagai Kasubdit PAI SMP/SMPLB Direktorat PAI.

Sebelumnya Ketua Redaksi Tsiqoah Solihatun mengungkapkan bahwa jurnal ini fokus pada karya-karya guru PAI SMP, baik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maupun gagasan tinjauan ilmiah dan best practice Pendidikan Agama Islam di sekolah.

“Jurnal ini telah memiliki ISSN dari LIPI dan akan terbit secara berkala, yaitu dua kali dalam setahun, yaitu Desember dan Juni yang berisi 10 naskah,” kata Solihatun.

Ia mengatakan bahwa tidak mudah untuk menyiapkan jurnal ini, terutama karena keterbatasan karya para guru dan kesibukan para pengelola jurnal di sekolah masing-masing.

“Kami berharap Kementerian Agama terus mendukung dan membimbing kami agar kami terbiasa untuk menulis karya ilmiah yang layak terbit”, ungkap Solihatun yang bertugas di SMPN 1 Kota Tangerang.

Lounching kemudian dilanjutkan dengan penyerahan jurnal yang telah dibukukan oleh Ketua MGMP PAI SMP kepada Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Direktur PAI dan para penulis.

Lebih lanjut jurnal dapat diakses di http.//jurnaltsiqoh.my.id/index.php/tsiqoh



Terkait