Tinjau Pemetaan Kompetensi Guru, Kakanwil Kemenag NTT Pesan Guru Sebagai Sosok Teladan

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Kupang (Dit. PAI) — Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Bidang Pendidikan Islam melaksanakan monitoring Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di Kantor Kementerian Agama Kota Kupang.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTT, Reginaldus S.S. Serang mengapresiasi para Guru PAI yang antusias mengikuti Pemetaan Kompetensi Online PPKB GPAI secara Nasional. "Ini adalah kesempatan yang baik bagi bapak ibu untuk mengenali potensi diri melalui pemetaan kompetensi guru," ujarnya dihadapan 94 peserta PK Online di Kota Kupang, Rabu (10/05/2023).

Reginaldus mengingatkan tantangan guru saat ini tidak hanya mengimbangi kompetensi abad 21 tetapi juga menjadi contoh yang baik untuk siswa. "Guru harus menjadi teladan yang baik untuk anak didik, tidak hanya profesional dalam mendidik tetapi juga bermoral," tambahnya.

Hadir mendampingi, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag NTT, Ibrahim Arif menjelaskan pemetaan kompetensi guru ini merupakan perwujudan program prioritas Menteri yang dilaksanakan oleh Direktorat PAI.

"Salut kepada Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam yang bergerak cepat dalam Implementasi tujuh langkah strategis Menteri Agama, yakni pada transformasi digital," ujar Ibrahim.

Menurutnya, survei ini adalah terobosan hebat dalam pemetaan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru PAI, sehingga survei ini adalah bagian dari Ikhtiari yang terukur dalam menyikapi langkah-langkah konkrit bagi Direktorat PAI untuk menentukan kebijakan program berikutnya.

Ibrahim optimis hasil pemetaan ini akan menjadi tindak lanjut pemerintah pusat untuk pengembangan kompetensi guru PAI. "Saya yakin dan percaya hasil survei menjadi Starting Point Direktorat PAI untuk upgrading guru PAI dalam rangka menentukan kebijakan PPKB Guru PAI," pungkasnya.

Selain Kakanwil Kemenag NTT dan Kabag TU Kanwil Kemenag NTT yang melaksanakan monitoring PK Online PPKB GPAI di Kota Kupang, turut hadir juga Kepala Bidang Pendidikan Islam, Pua Monto Umbu Nay yang melakukan memonitoring pelaksanaan PK Online PPKB GPAI di Kabupaten Sumba Timur.

Untuk diketahui, sejumlah 886 GPAI yang terdata di SIAGA, sekitar 615 Orang Guru PAI telah melaksanakan PK Online PPKB GPAI secara serentak dan terpusat di Kabupaten Kota, sedangkan sisanya melaksanakan Secara mandiri dan secara Susulan yg akan dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 Mei 2023. (Humas NTT)



Terkait