Apresiasi Rakornas FKGPAI TK Nasional, Direktur : GPAI TK Berperan Besar Menguatkan Akhlakul Karimah

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Magetan (Dit PAI) – Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah mengapresiasi Forum Komunikasi GPAI TK Nasional, yang telah berhasil menggelar Rakornas Ke-2 FKG PAI TK Nasional di Kabupaten Magetan Jawa Timur (13/11). Melalui aplikasi zoom meeting pembukaan acara, Direktur mengatakan, kegiatan bertema “Kokohkan Semangat dan Silaturahmi Demi FKG PAI TK Nan Jaya” itu merupakan momen penting bagi semua pihak untuk menyadari keberadaan GPAI TK dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini.

Ia menjelaskan, GPAI TK telah menghadirkan cara dan metodologi belajar dan bermain yang sesuai pada usia emas (golden age) bagi peserta didik. Oleh karena itu, GPAI TK memiliki peran sangat besar dalam penguatan akhlakul karimah peserta didik. “Jika perihal pembiasaan akhlak belum berjalan baik, maka hasil pendidikan akan sulit diharapkan,” tegasnya.

Di hadapan enam puluh orang peserta yang terdiri dari utusan FKGPAI Tk Kab./Kota, Direktur PAI menekankan kepada para peserta untuk selalu mengembangkan kualitas diri, mengambil hikmah di balik masa pandemi, dan terus, berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan media dan pembelajaran PAI TK.
Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto menekankan pentingnya pendidikan karakter pada anak sejak dini. “Biasakan mereka bertanggung jawab dengan kemampuan mereka sendiri. Dorong mereka untuk menjadi pribadi yang tidak hanya pandai secara intelektual, tetapi juga berbudi pekerti luhur. Tanamkan kejujuran, karena jujur itu baik dan akan menghasilkan generasi yang baik," tutur Suprawoto. Dia juga menitipkan anak bangsa kepada para guru TK, karena TK menjadi pendidikan awal dan dasar bagi anak yang merupakan masa emas.

Masa emas tersebut harus diperhatikan, karena tidak akan bisa terulang kembali. “Pendidikan adalah satu sektor yang menjadi perhatian khusus Pemkab Magetan. Sektor ini dirasa vital karena dengan pendidikan yang baik nantinya akan menghasilkan generasi penerus yang baik pula. Mereka yang akan menentukan nasib bangsa ini puluhan tahun yang akan datang. Oleh karena itu pendidikan harus menjadi perhatian semua pihak yang peduli akan nasib bangsa,” pungkasnya.
Kasubdit PAI pada PAUD dan TK, Lelis Tsuraya Herniatin menyampaikan bahwa Direktorat PAI mendukung penyelenggaraan rakornas FKGPAI Nasional. Terlebih, kegiatan tersebut dilaksanakan atas kolaborasi, dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak. “FKGPAI TK memiliki arti penting dalam menyelengarakan program yang menunjang kegiatan Pembelajaran PAI TK,” terangnyanya.

Berdasarkan laporan ketua FKGPAI Nasional Entin Kartini, tujuan pelaksanaan Rakornas adalah silaturahmi antara pengurus dan anggota setelah sekian lama kegiatan di daerah hanya bisa berlangsung secara daring. Selain itu, agenda Rakornas adalah mengevaluasi program-program FKGPAI pada tingkat provinsi. Pada acara ini turut hadir Bupati Kabupaten Magetan, Kasi dan JFT Kemenag Pusat, dan Kasi Kemenag Kabupaten Magetan, perwakilan Dikdasmen Kab. Magetan. Penampilan panggung dari siswa-siswi PAUD/ TK berprestasi menambah suasana Rakornas menjadi lebih meriah. (Setyo/Wahid)




Terkait