Rembang (Dit. PAI) - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP

BUPATI REMBANG BUKA LOMBA TBTQ PELAJAR SMP

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Rembang (Dit. PAI) - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMPPAI SMP Kabupaten Rembang menggelar lomba Tuntas Baca Tulis Al-Quran (TBTQ) dan Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI), Kamis, 22 September 2022 di SMPN 2 Rembang Jawa Tengah.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Rembang Abdul Hafidz yang langsung membuka secara resmi kegiatan lomba tersebut.. 

Acara pembukaan juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Abdul Fatah, Kepala Subdit PAI Pada SMP/SMPLB Kementerian Agama RI Agus Sholeh dan para Kepala SMP se Kabupaten Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati Rembang, Abdul Hafidz memberikan apresiasi kepada MGMP PAI SMP  Rembang yang telah menginsiasi terselenggaranya Lomba TBTQ dan MAPSI tingkat SMP se Kabupaten Rembang.

”Saya bergembira bahwa MGMP PAI SMP Kabupaten Rembang telah mengambil inisiatif untuk mengadakan Lomba TBTQ dan MAPSI ini. Kegiatan ini sangat positif sebagai ajang pembiasaan yang baik bagi anak-anak kita yang merupakan aset bangsa”, ujar Bupati.

Ia berharap agar kegiatan lomba ini dilaksanakan dengan sebaik mungkin, sportif dan tanpa rekayasa macam-macam, sehingga anak-anak terlatih untuk berkompetisi.

“Saya berharap agar kegiatan ini mampu melahirkan generasi-generasi muda Rembang yang cerdas, berprestasi, berkarakter dan memiliki akhlak yang mulia. Karena itu, bibit-bibit unggul ini harus dididik dengan baik agar hasilnya juga baik,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Subdit PAI Pada SMP/SMPLB Kementerian Agama RI Agus Sholeh mengatakan, bahwa lomba ini adalah ajang untuk pengembangan prestasi siswa, agar anak didik kita tepacu dan semangat untuk menjadi yang terbaik.

“Lomba ini harus membangun sikap kompetitif yang sehat. Karena itu saya berharap agar ke depan lomba MAPSI tidak hanya Baca dan Tulis Al-Qur’an saja, namun juga pada pemahaman arti dan maknanya”, ungkap Agus Sholeh.

Ia mengingatkan bahwa anak-anak seusia SMP adalah generasi yang sedang tumbuh dan berkembang. Karena itu para guru PAI harus bisa menjadikan pembelajaran PAI itu menarik dan menyenangkan. 

“Para guru PAI harus bisa menghadirkan kegiatan pembelajaran PAI yang menarik dan membangun anak kreatif. Sehingga, prosesnya bisa merangsang siswa berpikir kritis karena Al-Quran berpesan untuk membaca dan berpikir,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP, Munawar, dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan TBTQ dan MAPSI digelar dalam rangka memotivasi peserta didik SMP agar lebih mencitai Al Qur’an.

”Dengan MTQ ini maka pembelajaran pendidikan agama Islam tidak melulu dilaksanakan di dalam kelas. Tapi juga melalui kegiatan kompetisi agar semangat peserta didik dapat terus berkembang,”’ jelasnya.

Munawar juga menyatakan kegembiraanya dengan adanya dukungan dari Kementerian Agama Pusat, maka Lomba TBTQ dan MAPSI tingkat SMP ini dapat dilaksanakan.

“Kami ingin sampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama Pusat karena dengan dukungannya ini akan menambah semangat anak didik untuk terus berprestasi”, ungkap Munawar.

Dia menyebutkan, bagi siswa dan kelompok yang meraih juara I dalam lomba ini, kelak akan menjadi wakil Kabupaten Rembang dalam lomba MAPSI tingkat Jawa Tengah (Jateng).

Lomba TBTQ dan MAPSI SMP di Kabupaten Rembang ini meliputi 11 cabang, yaitu Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI), Pidato kategori putra dan putri, Tilawah kategori putra dan putri, Tartil kategori putra dan putri, Tahfidz kategori putra dan putri dan Kaligrafi kategori putra dan putri.

Secara keseluruhan, lomba TBTQ dan MAPSI SMP ini diikuti sebanyak 610 peserta dari seluruh SMP yang ada di Kabupaten Rembang. (Subdit PAI SMP).



Terkait