Direktur PAI: Dukungan Kegiatan TBTQ Berefek Positif dan Produktif

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Tangerang (Direktorat PAI) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) se Kota Tangerang pada Sabtu  24 September 2022. Diselenggarakan di SMPN 6 Tangerang, kegiatan ini diikuti oleh siswa/siswi SMP Negeri dan SMP se-Kota Tangerang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pendidikan Agama Islam, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang, Kabid Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Kabid Pendidikan Kota Tangerang, Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Kemenag, MGMP Kota Tangerang serta para Guru PAI dan pelajar se-Kota Tangerang.

Dalam sambutan pada acara tersebut, Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah, menyampaikan ucapan selamat dan dukungannya atas kegiatan ini. "Saya sampaikan ucapan selamat atas penyelenggaraan kegiatan ini. Dengan materi MTQ dan lomba terkait, hal demikian adalah upaya positif untuk memperkuat penanaman akhlakul karimah dan budi pekerti pada pelajar serta program Tuntas Baca Tulis Al'Qurán (TBTQ) yang kami kelola. Oleh karenanya, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini," ujarnya (24/09).

Lebih lanjut, Amrullah juga menggarisbawahi kemampuan para pelajar dalam mengikuti lomba. "Saya menilai, kemampuan para pelajar dalam mengikuti lomba ini sudah sangat bagus. Kita perlu memikirkan dan mewujudkan agar penampilan dan performa berkesenian Islami seperti ini dapat tampil secar berjenjang hingga level nasional. Dengan demikian, selain positif, kegiatan seperti ini dapat juga produktif karena mendorong kreativitas dalam keunggulan," tukasnya.

Diikuti 177 peserta pelajar SMP, MTQ ini terdiri dari lomba MTQ putra (46 peserta), MTQ putri (39 peserta), tahfidz (43 peserta), dan kaligrafi (49 peserta).

Sementara itu, Kabid Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Encep Syafruddin, memberikan motivasinya atas pelaksanaan MTQ ini. "Saya harapkan, MGMP Kota Tangerang dapat berperan aktif dalam pelaksanaan lomba, memastikan para juri dan panitia mengutamakan kejujuran dan sportivitas agar menghasilkan juara yang berkualitas dalam bidangnya," tuturnya.

Kepala Subdit PAI SMP Direktorat Pendidikan Agama Islam, Agus Sholeh, turut menyampaian rasa bangga dan menyemangati para peserta. "Ini adalah perlombaan, ada aturan mainnya, ada jurinya. Dalam prosesnya, pasti ada yang juara dan ada yang tidak," terangnya.

"Bagi yang nantinya belum berkesempatan menjadi juara, tolong jangan berkecil hari karena kalian sesungguhnya adalah duta dan pemenang untuk kesempatan baik dan mulia ini. Masih ada kesempatan di depan dan niat serta partisipasi baik kalian insya Allah akan mendapat pahala karena kita tengah memuliakan Al Qur'an dan nilai yang dikandungnya," tambahnya.

Dalam laporannya, Ketua MGMP Kota Tangerang Yoyo Husairi menyampaikan ucapan syukur dan informasi tentang tujuan MTQ ini. "Alhamdulillah, kami dapat menggelar acara ini. Terima kasih atas program Bantuan Pemberdayaan MGMP PAI SMP Direktorat PAI yang kami wujudkan dalam bentuk MTQ ini. Tujuan kegiatan ini berada dalam semangat bacalah Al-Qur’an, amalkan isinya, dan raih syafa’atnya," jelasnya. (AriefHilal/SubditSMP)



Terkait