(Galeri MGMP PAI–SMA) MGMP PAI SMA dan SMK Jawa Tengah Gelar Rakor Pesantren Ramadhan

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Semarang (MGMP PAI SMA/DitPAI)-- Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMA dan SMK Provinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Koordinasi dan Penyusunan Modul Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Pesantren Ramadhan MGMP PAI SMA dan SMK ke-1 se-Jawa Tengah di Hotel Candi Indah Semarang (19/1).

Afifatun, Pengembang Teknologi Pembelajaran PAI pada SMA/SMALB/SMK Bidang PAI Kemenag Jawa Tengah menyambut baik dan mengapresiasi terobosan yang dilakukan MGMP PAI SMA dan SMK Jawa Tengah, yaitu Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pesantren Ramadhan.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Afifatun berpesan untuk selalu saling berkolaborasi, koreksi, motivasi, dan bersinergi. “Dalam pelaksanaannya nanti memuat lima nilai utama dalam membangun generasi hebat pada masa depan, yakni religiusitas, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan gotong royong. Tentunya, nilai religius menjadi pilar utamanya. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan buku panduan sebagai upaya penciptaan lingkungan yang mendukung,” tambahnya.

Tiga agenda

Ketua MGMP PAI SMA Propinsi Jawa Tengah Hery Nugroho menjelaskan, kegiatan rapat koordinasi ini memiliki tiga agenda, “pertama, menyusun panduan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pesantren Ramadhan SMA dan SMK se-Jawa Tengah. Kedua, mendesain kegiatan pesantren Ramadhan. Ketiga, rapat tim formatur melengkapi kepengurusan Rohis SMA/SMK Jawa Tengah masa Khidmah tahun 2022,” jelas Hery.

“Pelaksanaan Pesantren Ramadhan tahun 2022 diharapkan menjadi gerakan bersama se-Jawa Tengah yang sistematis. Karenanya, untuk tahun ini dibentuk kepanitiaan dengan segala perangkat keorganisasiannya. Selain itu, dalam pelaksanaannya, kepanitiaan ini dilengkapi dengan buku panduan pesantren Ramadhan untuk menjadi panduan bagi peserta didik dalam mengikuti Pesantren Ramadhan,” jelasnya.

Rakor ini dihadiri oleh Afifatun (Pengembang Teknologi Pembelajaran PAI pada Seksi SMA/SMALB/SMK Bidang PAI Kemenag Jawa Tengah), Sadi (Pengawas PAI Kementerian Agama Kota Semarang), Untoro (Ketua MGMP PAI SMK),  Pengurus MGMP PAI SMA dan SMK, Jumadi (pimpinan percetakan Perdana Klaten), dan perwakilan tim formatur Rohis SMA dan SMK Jawa Tengah. (Du)

Kontributor : Hery Nugroho, Apriyadi Wardoyo

Editor : Chundasah, Saiful Maarif



Terkait