GPAI Harus Siap Menghadapi Tiga Tantangan di Depan Mata

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)


Semarang (Direktorat PAI) -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad mengukuhkan Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI jenjang SMP Provinsi Jawa Tengah Masa Khidmat 2022 – 2027 di Aula Hatta Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah, Minggu (24/10). 

Hadir dalam kegiatan ini, selain Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kepala Bidang PAI Kanwil Kemanag Provinsi Jawa Tengah, Imam Buchori, Seluruh ketua tim dan anggota pada Bidang PAI Kanwil Kemenag Provinsi Jawa tengah, Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah Muhammad Ahsan, Ketua Pokjawas PAI Jawa Tengah, Ketua KKG PAI SD Provinsi Jawa Tengah Siti Kusrini, Ketua MGMP PAI SMA Provinsi Jawa Tengah, Ketua MGMP PAI SMK Provinsi Jawa Tengah, dan seluruh Pengurus Baru MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah Periode 2022 – 2027.

Dalam sambutannya, Musta’in mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang baru saja dikukuhkan dan berharap agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh semangat. Selain itu Musta’in menyampaikan mengenai tiga  tantangan Guru PAI saat ini, yaitu tantangan kemajuan zaman, tantangan keragaman dan keberagamaan, serta tantangan perubahan geo-politik dunia.

Adanya tantangan perubahan zaman mengharuskan guru PAI untuk bisa berinovasi dengan cara-cara yang baru, sementara tantangan keragaman dan keberagamaan menuntut guru agar tidak ragu-ragu menerapkan moderasi beragama.

"Dalam sejarah Islam kita mengetahui Ibnu Muljam  membunuh Sayyidina Ali. Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi kita semua bagaimana mengajarkan islam yang sebenarnya menurut Kanjeng Nabi. Ajaran Islam yang diajarkan oleh Kanjeng Nabi adalah keseimbangan antara Aqidah, Syariat dan Akhlak," tuturnya (24/10). 

Selanjutnya, Musta’in menyampaikan harapannya kepada para pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI jenjang SMP Provinsi Jawa Tengah Masa Khidmat 2022 – 2027. "Harapan saya Pengurus segera fokus pada tugas bidangnya masing-masing jangan terlalu banyak wacana," ujarnya. 

Kegiatan pelantikan MGMP PAI Propinsi Jawa Tengah ini merupakan rangkaian kegiatan tindak lanjut dari Amanah kegiatan kunjungan (turun ke bawah/turba) ke SMPN 1 Purwokerto, Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan tanggal 17-18 September 2022 yang dihadiri seluruh perwakilan 35 MGMP kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

Pergantian pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI jenjang SMP Provinsi Jawa Tengah Masa Khidmat 2022 – 2027 sesuai AD/ART organisasi dengan melakukan reorganisasi setiap 5 tahun sekali, dilaksanakan melalui proses pemungutan suara yang demokratis untuk menentukan ketua umum MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah. Hasil turba mengamanahkan Syaekudin, GPAI SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Demak sebagai ketua umum MGMP PAI SMP Jawa Tengah periode 2022 - 2027.

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan ini merupakan amanah keberlanjutan dan keberlangsungan organisasi MGMP PAI jenjang SMP di tingkat provinsi sebagai wadah berkiprahnya Guru PAI dalam menjalankan amanah keprofesiannya.

Kegiatan juga ini merupakan kegiatan mandiri yang mendapat respons dan dukungan positif dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Serangkaian kegiatan didesain sebagai kegiatan bermuatan motivasi bagi pengurus yang dilantik, meliputi acara pembukaan, rapat kerja, sidang pleno, dan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka.

Hadir dalam kegiatan tersebut, 40 GPAI yang terdapat dalam SK struktur pengurus harian yang meliputi enam bidang kerja, yakni bidang pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual, dan kepemimpinan/leadership. Keseluruhan bidang diberi kesempatan untuk merencanakan program kerja yang akan dikembangkan dalam program jangka panjang 5 tahun ke depan dan jangka pendek sebagai program prioritas yang akan dicapai di setiap tahunnya.

Amanah terdekat dari kepengurusan yang terbentuk ini adalah untuk segera bersiap menyelenggarakan agenda rutin MGMP PAI SMP Jawa Tengah, yaitu lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) di tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada bulan November 2022 di Kabupaten Pekalongan. Selamat berkhitmad untuk pengurus baru MGMP PAI SMP Propinsi Jawa Tengah. (MSD/TimMediaPAI)



Terkait