Jakarta, Sebanyak 4.704 Guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum mengikuti Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam tahap" />

Gunakan Sistem Daring, 4.704 Guru PAI Ikuti PPG Tahap Pertama

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jakarta, Sebanyak 4.704 Guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum mengikuti Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam tahap pertama. Pelaksanaan PPG dimulai pada tanggal 7  Mei 2021. 

Plt. Direktur Pendidikan Agama Islam, Rohmat Mulyana Sapdi menerangkan PPG Guru PAI tahun ini sepenuhnya menggunakan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring). “Seluruh tahapan PPG  menggunakan dalam jaringan”, terang Rohmat di Jakarta, Selasa (7/6).    

Rohmat memastikan sekalipun menggunakan sistem daring, pelaksaan PPG tetap mengutamakan kualitas dan mutu penyelenggaraan. 

“Kita tetap mendesain PPG dapat berjalan secara lancar tanpa mengurangi substansi dan kualitas penyelenggaraan PPG diantaranya dengan penyusunan modul dan juga penyediaan sistem pembelajaran daring yang memadai”, jelasnya.  

Kasubdit PAI pada PTU, M. Munir menyampaikan untuk mendukung pelaksanaan PPG secara daring, pihaknya telah membekali operator LPTK dan dosen pengampu untuk menggunakan learning manajemen system. 

“Kita telah memberi pelatihan penggunaan sistem baik kepada operator LMS LPTK dan juga kepada dosen pengampu untuk seterusnya diajarkan kepada peserta PPG, karena itu kita berharap penggunaan LMS dapat berjalan efektif,” ungkap Munir. 

Sebagai antisipasi adanya kendala dalam penggunaan sistem Munir menjelaskan Tim LMS Ditjen Pendis stand by 24 jam untuk merespon masalah. “Kita siapkan tim khusus untuk mengawal agar sistem dapat berjalan lancar dan optimal”, tandasnya.

Munir berharap peserta dapat mengikuti PPG berbasis daring secara maksimal sehingga dapat lulus. "Sejauh ini, pelaksanaan PPG minggu pertama berlangsung dengan baik hanya ada beberapa kendala teknis”, pungkasnya. 

Sekretaris II Panitia Nasional PPG, Anis Masykur menambahkan PPG akan berlangsung selama 86 hari dengan sejumlah tahapan. “Tahapan pertama adalah pendalaman materi lalu pengembangan perangkat pembelajaran dan praktik pengalaman lapangan. Nanti diakhiri dengan Ujian kinerja dan ujian pengetahuan sebaagai parameter kelulusan PPG", pungkasnya. (Nasukha/ Tim Media PAI)




Terkait