Hari Kearsipan Nasional Jadi Momentum Penyusunan Arsip Digital

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jakarta (Dit. PAI) – Peringatan Hari Kearsipan Nasional menjadi momentum Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI untuk memperkuat sistem digital. Pada peringatan ke-50 ini, Direktur Pendidikan Agama Islam, Rohmat Mulyana Sapdi, menyampaikan bahwa kearsipan menjadi bagian penting dari sejarah Direktorat PAI.

“Keberadaan Direktorat PAI saat ini tidak terlepas dari peran kearsipan didalamnya, setiap saat kita bergelut dengan arsip dan pengelolaan arsip hendaknya sejalan dengan kebutuhan teknologi saat ini,” Ujar Rohmat saat ditemui di ruang kerjanya (18/5).

Lebih lanjut, rohmat menjelaskan bahwa pada era digital saat ini, aktifitas kearsipan lebih mudah diakses melalui sistem dalam jaringan (daring) sehingga pelaksanaan pendataan maupun audit dapat berjalan maksimal.

“Kita akan coba susun konsep arsip digital sehingga kedepan dapat memudahkan pelayanan kepada publik,” Jelas Rohmat.

Rohmat berharap tata pengelolaan arsip kedepan diarahkan pada sistem digitalisasi sehingga pengelolaan arsip pada lingkungan Ditjen Pendidikan Islam dapat tersimpan dengan baik dan tahan lama. 

“Tahapan kedepan sekretariat akan menjadi model manajemen e-office yang membuat arsip-arsip ini lebih digital. Ini bagian penting dari pengelolaan kantor, kalau kita tumpuk dokumen bisa penuh ruangan, atau kita membuang file hardcopy kadang sekian tahun masih dibutuhkan, tapi kalau digitalisasi itu lebih lama tahannya,” papar Rohmat.

Pada kesempatan yang sama, Susilowati Moko selaku JFT Arsiparis Direktorat PAI meyampaikan bahwa peringatan hari kearsipan ke 50 sudah sepatutnya mengikuti perkembangan teknologi kekinian dan menjadi tugas arsiparis yang ada di Direktorat PAI untuk mengelola arsip menjadi lebih baik sebagaimana yang diatur dalam UU no 43 tahun 2009.

“Sesuai dengan tema hari kearsipan nasional yang diarahkan pada arsip digital, sudah seharusnya model kearsipan diarahkan pada sistem digital. Sebagaimana kita ketahui di era industri 4.0 semuanya berbasis online dan mudah diakses oleh siapapun,” ujarnya.

Selamat Hari Kearsipan Nasional ke-50. "Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital"

(Miftah/Putri/tim media PAI)



Terkait