Kakanwil Kemenag Jambi Launching Jurnal Ar Rasyid

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jambi – Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jambi Zoztafia melaunching Jurnal ilmiah Ar Rasyid yang dikelola oleh MGMP PAI SMP Provinsi Jambi di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Rabu (20/1/2022).

Kegiatan launching juga dihadiri Direktur Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam, Amrullah, secara daring, Kasubdit PAI SMP/SMPLB Agus Sholeh, Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Sulthan Taha Saifuddin, Fadlilah, pejabat Kanwil Kemenag Jambi dan para guru PAI SMP Propinsi Jambi.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Zoztafia, dalam sambutannya mengapresiasi MGMP yang telah membuat inovasi untuk meningkatkan budaya ilmiah guru PAI SMP di propinsi Jambi.

“Ini suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan di Jambi. Saya berharap jurnal ini sebagai media dalam mengembangkan budaya ilmiah dan akademik agar guru PAI tidak kehilangan substansi,’’ kata Kakanwil.

Kakanwil merasa prihatin bahwa semangat ilmiah para guru saat ini mengalami penurunan, karenai tu harus mendapat perhatian serius.

“Saya sering ketemu para guru, baik guru PAI maupun madrasah. Tapi jarang sekali kita diskusi hal-hal yang berbau ilmiah. Seringnya ngomong masalah kenaikan pangkat, sertifikasi atau tunjangan profesi guru,” katanya.

Karena itu ia berharap agar jurnal Ar Rasyid dapat mengkomunikasikan berbagai pemikiran cerdas dan ilmiah para guru untuk bekal masa depan anak-anak kita sebagai calon pemimpin bangsa. 

“Jurnal ini tidak hanya untuk kenaikan pangkat. Namun juga bisa untuk mengembangkan budaya ilmiah di sekolah. Saya yakin para guru bisa menulis dengan baik. Ini hanya masalah kemauan,” imbuhnya. 

Sementara itu Direktur PAI, Amrullah, dalam sambutannya yang disampaikan secara online menyampaikan apresiasinya atas kerja MGMP PAI SMP Propinsi Jambi yang telah memperlihatkan hasil kongkritnya, yaitu jurnal Ar Rasyid.

“Saya ikut bangga karena MGMP PAI SMP Jambi telah berhasil mewujudkan tantangan kami, yaitu membuat jurnal ilmiah. Ini bukan pekerjaan mudah. Saya berharap agar dengan terbitnya jurnal ini dapat meningkatkan iklim intelektual dan akademik para guru PAI SMP di Jambi”. kata Amrullah.

Amrullah menambahkan bahwa Kementerian Agama terus berusaha untuk mendorong agar para guru PAI di sekolah meningkatkan mutu dan kualitasnya karena tantangan PAI di sekolah sangat dinamis.

“Saya berharap agar para guru PAI tidak terjebak dalam rutinitas mengajar di kelas. Para guru PAI SMP harus berani menuangkan pikiran-pikiran cerdasnya dengan menuliskannya di jurnal Ar Rasyid. Banyak pengalaman menarik dari Jambi ini yang bisa dituliskan dan dikembangkan untuk dunia pendidikan di Indonesia”, harap Direktur.

Sebelumnya Ketua MGMP PAI SMP Ferry melaporkan bahwa jurnal Ar Rasyid dapat terbit untuk merespon tantangan dari Direktorat PAI Kementerian Agama agar para guru PAI di Propinsi Jambi menerbitkan karya-karya ilmiah, tidak hanya terlalu asyik mengajar di depan kelas.

“Alhamdulillah, akhirnya kami dapat menerbitkan jurnal Ar Rasyid. Nama Ar Rasyid ini kami pilih dengan harapan agar jurnal ini dapat menjadi wadah yang dapat mencerdaskan guru PAI SMP dengan karya-karya ilmiahnya,” katanya.

Ia mengatakan bahwa tidak mudah untuk menyiapkan jurnal ini, terutama karena belum berpengalaman dalam menerbitkan jurnal ilmiah dan mengadakan penelitian ilmiah untuk bahan jurnal.

“Kami berharap agar Bapak Kakanwil dan Direktur dapat terus mendukung dan membimbing kami agar jurnal Ar Rasyid dapat terus terbit dan menyuarakan berbagai gagasan dan ide besar para guru PAI SMP di Jambi”, ungkap Ferry yang mengajar di SMPN 12 Kota Jambi.

Launching kemudian dilanjutkan dengan penyerahan jurnal yang telah dibukukan oleh Ketua MGMP PAI SMP kepada Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, dan para penulis. 

Informasi lebih lengkap tentang jurnal dapat diaksesmelalui www.mgmppaijambi.online/e-jurnal



Terkait