Pekanbaru (Dit. PAI), Kanwil Kementrian Agama Provinsi Riau menggelar Seleksi Pelatih Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru pendidikan" />

Kanwil Kemenag Provinsi Riau Gelar Seleksi Pelatih Daerah PPKB GPAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Pekanbaru (Dit. PAI), Kanwil Kementrian Agama Provinsi Riau menggelar Seleksi Pelatih Daerah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru pendidikan Agama Islam Tahun 2022. Gelaran ini diselenggarakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau pada tanggal 14-16 November 2022. Kegiatan seleksi ini melibatkan Tim Pusat PPKB GPAI, Mustahdi, Pelatih Nasioanal PPKB GPAI, Dyah Sabil dan Pelatih Provinsi PPKB GPAI Provinsi Riau.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Edwar S. Umar dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan seleksi PD pada PPKB-GPAI Provinsi Riau tahun 2022. Ia berharap proses seleksi ini dapat menghasilkan Pelatih Daerah GPAI yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas GPAI di Provinsi Riau secara menyeluruh.


“Pelatih Daerah nantinya mampu mengimbaskan ilmunya kepada rekan-rekan GPAI di Kabupaten/Kota melalui jejaring organisasi FKG, KKG, MGMP SMP, dan MGMP SMA/SMK di Provinsi Riau. Sehingga akhirnya GPAI Provinsi Riau bisa bersinergi bukan hanya dengan guru-guru mapel lain di sekolah, akan tetapi bisa menjadi leader dalam pembelajaran di sekolah,” jelasnya di Pekanbaru, Selasa (15/11).

Lebih lanjut Edwar menerangkan Seleksi Pelatih Daerah ini dikuti oleh 141 peserta yang mendaftar melalui akun Siaga Pendis, yang terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam pada PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan juga Pengawas PAI.


“Setelah melalui verifikasi data oleh tim siaga, terverifikasi 140 peserta yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau,” jelasnya.


Edwar berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan sesuai tata tertib seleksi. “Semoga kegiatan ini terlaksana dengan sebaik-baiknya dan menghasilkan pelatih daerah yang mampu menjadi ujung tombak dalam rangka penguatan mutu PAI di tengah dinamika dunia pendidikan yang bergerak sangat cepat,” harapnya.


PTP pada PAUD dan Dasar Bidang PAPKIS, Ridwan menambahkan GPAI dan pengawas yang ikut mendaftar dengan antusias sekali sebanyak 140 orang.

ucapan terima kasih banyak kepada pelatih nasional dan direktorat PAI kementerian Agama RI yang telah mengakomodir usulan rekrutment Pelatih Daerah dari bidang PAPKIS Kanwil Kemenag Provinsi Riau, serta menunjuk tim pengawas dan pewawancara dari para Pelatih Provinsi (PP).


“Kegiatan ini merupakan terobosan yang cukup signifikan dalam pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru PAI di Provinsi Riau yang merupakan program prioritas Direktorat PAI untuk menguatkan eksistensi Guru PAI sebagai Profesi yang bermartabat,” pungkasnya.



Tim Pusat PPKB GPAI, Mustahdi yang turut emndampingi proses seleksi menambahkan PPKB GPAI adalah program mandatory Direktorat PAI Kementerian Agama yang bertujuan untuk meningkatan kompetensi guru PAI. "Kompetensi GPAI PPKB ditekankan pada pengembangan keprofesian yang mencakup 6 kemampuan Guru PAI, yaitu; paedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan leadership," jelanya.


Kompetensi pedagogik dimaksud dalam program PPKB di sini adalah pedagogik 1 perencanaan pembelajaran, pedagogik 2 model pembelajaran, dan pedagogik 3 penilaian pembelajaran. Sedangkan untuk kompetensi profesional meliputi; profesional 1 substansi materi PAI, profesional 2 publikasi ilmiah, dan profesional 3 karya inovatif.


Kegiatan seleksi Pelatih Daerah (PD) PPKB ini merupakan tahapan ketiga setelah sebelumnya dilakukan seleksi Pelatih Nasional (PN) dan Pelatih Provinsi (PP). Seleksi PN dan PP dilakukan oleh Direktorat PAI, sedangkan seleksi PD dilakukan oleh Kanwil Kementeria Agama Provinsi dan dibantu oleh para Pelatih Provinsi (PP).


"Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkankan PD yang memiliki kemampuan pada bidang pedagogik dan bidang profesional, diharapkan juga PD mampu mengimbaskan kompetensinya kepada guru-guru Pendidikan Agama Islam di Provinsi Riau," pungkasnya.

Rangkaian kegiatan seleksi ini diawali dengan kegiatan simulasi, dilanjutkan dengan uji CBT, wawancara dan penilaian portofolio yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. (Adie/tim media PAI




Terkait