Kanwil Kemenag Sulawesi Utara Siapkan 23 Titik Pusat PK Online Guru PAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Manado (Dit. PAI) Seluruh Guru PAI Sulawesi Utara akan mengikuti pemetaan kompetensi secara online atau lebih dikenal dengan PK-Online pada tanggal 11 Mei 2023 melalui SIAGA PENDIS. Sehari sebelum mengikuti PK-Online peserta mengikuti simulasi PK-onlie melalui SIAGA secara mandiri.

PK-Online merupakan bagian penting dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru PAI (PPKB-GPAI). Tujuan PK-Online ini untuk memetakan kemampuan GPAI terkait dengan kompetensi pedagogik dan profesional.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara melalui Bidang PENDIS telah menyiapkan 23 titik pelaksanaan PK Online. Titik penyelenggaraan PK Online diantaranya di MAN Model Manado, MIS Fastabiqul Kharat Airmadidi Minahasa Utara dan SD Cokroaminoto Girian Kota Bitung.

"Penentuan titik PK Online ini sebagai bagian ikhtiar untuk meminimalisir kendala teknis, terutama kendala sinyal dan akses internet. Sehingga PK Online berjalan lancar dan terkendali" ungkap Mustari Kepala Seksi PAIS Sulawesi Utara.


Lebih lanjut Mustari menyampaikan PK Online ini sangat penting digelar, karena untuk memetakan kompetensi yang dimiliki guru PAI di Sulawesi Utara. "Dari PK Online ini, Kompetensi apa yang harus lebih ditingkatkan lagi pada Pelatihan (PPKB) kedepannya. Dengan tepatnya pelatihan kompetensi sesuai kebutuhan, guru PAI di Sulut akan lebih mantap profesionalitasnya."pungkas Mustari.


Sementara itu Kabid Pendis, Akhmad Soleh berharap GPAI kooperatif mengikuti kegiatan PK-Online sampai selesai. Ia juga mengharapkan melalui PPKB ini GPAI semakin meningkatkan profesionalisme guru.

"Pemerintah sudah membantu, membina dan memberi suport kepada GPAI, sekarang tinggal para guru harus bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin, sehingga pembelajaran PAI di kelas akan semakin efektif dan efisien," jelasnya. (sugeng/mustahdi)

Foto : GPAI Manado sedang melakukan simulasi PK Online



Terkait