Kemenag Aceh Lakukan Pengawasan PK Online PPKB GPAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Langsa (Dit. PAI) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) melakukan pengawasan pelaksanaan Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) untuk semua jenjang dari TK, SD, SMP, SMA/SMK yang bertempat di SMK Negeri 2 Kota Langsa. Sebanyak 9.349 guru PAI yang terdata di SIAGA mengikuti pelaksanaan PK Online PPKB GPAI yang tersebar di beberapa kabupaten kota provinsi Aceh.

Kepala Bidang PAI Kanwil kemenag Aceh, Khairul Azhar mengaku bangga atas antusias guru PAI di seluruh Kabupaten Kota Provinsi Aceh untuk mengikuti PK Online PPKB. Ia meyakini PK Online ini dapat menjadi sarana pemetaan kompetensi guru untuk mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan bidang yang belum dikuasai.

"PK Online ini menjadi sarana bagi guru PAI untuk menemukan kompetensi yang dikuasai dan kompetensi yang kurang, sehingga dapat dilakukan pelatihan melalui PPKB guru PAI," jelas Azhar saat mengawasi pelaksanaan PK Online PPKB GPAI di Kota Langsa, rabu (03/05/2023).

Azhar menyampaikan pelaksanaan PK Online di Provinsi Aceh dilakukan dengan pola terpusat yang dilaksanakan di Sekolah, Dinas Pendidikan atau Cabang Dinas Wilayah. "Kami telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk pelaksanaan PK Online PPKB GPAI," terangnya.

Azhar mengungkapkan dari beberapa guru yang ditemui terdapat kesulitan dalam mengerjakan soal PK Online, namun hal tersebut dapat menjadi pemetaan kompetensi bagi guru PAI untuk mengikuti pelatihan. "Walaupun soal pemetaan sedikit sulit tetapi dapat mendorong guru Pendidikan Agama untuk meningkatkan kompetensi lebih lanjut terutama pada kompetensi pedagogik," pungkasnya.

Kegiatan pengawasan ini dihadiri oleh Kabid PAI Kemenag Provinsi Aceh, Khairul Azhar; Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Langsa Provinsi Aceh, Mawardi; Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kota Langsa Provinsi Aceh, Jakfar; Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Langsa Provinsi Aceh, Zainuddin ;dan beberapa jajaran dibawahnya.



Terkait