Khataman Al Quran, Siswa SD Kelas VI se-Banjarmasin Sambut Bulan Suci Ramadhan

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Banjarmasin (Direktorat PAI) -- Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin, bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin, menyelenggarakan Khataman Al Qurán bagi siswa kelas VI SD se-Kota Banjarmasin. Acara diselenggarakan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin pada Senin (06/3).

Hadir dalam kegiatan ini ratusan siswa SD se-Kota Banjarmasin yang bersama melantunkan ayat suci Al Qurán dengan fasih. Berbagai unsur pemerintah dan pihak terkait Kota Banjarmasin turut serta memeriahkan acara ini, mulai dari Forkopminda (unsur DPRD, Polresta, Kodim, dan Kejaksaan), Kemenag, dan Dinas Pendidikan.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, menjelaskan, acara ini diselenggarakan oleh Pemda Kota Banjarmasin bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin. "Terima kasih kepada rekan-rekan dari Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin. Dengan apa yang sudah menjadi kerja sama dengan DInas Pendidikan Kota Banjarmasin, kami menilai kualitas Pendidikan Agama Islam di Kota Banjarmasin telah berkembang dengan baik dan dinamis. Salah satu wujudnya adalah penyelenggaraan acara khataman Al Quran bagi siswa SD ini," ungkapnya (06/3) dalam sambutan membuka acara.

Lebih jauh, dirinya menjelaskan makna penting acara ini. "Inisiatif Khataman Al Quran Siswa kelas VI ini diadakan untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1444 H. Menjelang Ramadhan, kita perlu mendorong dan mempersiapkan anak-anak kita untuk mengikuti Ramadhan dengan khusyu' dan penuh suka cita," paparnya.

Selain itu, Walikota Banjarmasin mengharapkan, acara khataman Al Quran ini dapat mendorong para siswa lebih jauh untuk mencintai dan mengamalkan nilai Al Quran, sehingga nantinya para siswa menjadi anak yang saleh dan salehah.

Ratusan siswa SD kelas VI tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Rachmat Zuliansyah Putra, siswa SDN dari Banjarmasin Tengah menuturkan, acara seperti ini sangat ditunggu olehnya dan teman-teman sebaya di sekolahnya.

Zuliansyah berharap agar pelaksanaan acara ini dapat rutin dijalankan tiap tahunnya dan lebih meriah lagi diadakan. (TimMediaPAI)

Kontributor: Fahrina Hayati (Bidang Papkis Kanwil Kemenag Kalsel)



Terkait