Menggali Mutiara Akademik GPAI Melalui Jurnal Ilmiah PAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Kota Waringin Barat (Dit. PAI) – Penerbitan jurnal ilmiah PAI adalah upaya penting untuk mengangkat khazanah keilmuan Pendidikan Agama Islam. Upaya ini selayaknya sebuah usaha untuk menggali dan menemukan mutiara akademik GPAI.

Demikian salah satu kutipan yang disampaikan Kepala Bidang SMP Kab. Kota Waringin Barat, Sunarno (mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kota Waringin Barat), dalam peluncuran Jurnal Ilmiah PAI SMP "Mutholaah" yang diterbitkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kotawaringin Barat (Kobar).

Bertempat di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kobar, launching dilaksanakan pada 15 November 2022 yang dihadiri langsung oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah dan Pengembang Teknologi Pembelajaran ahli muda pada Subdit PAI SMP Direktorat PAI Herry Zakaria Anshari.

Diselenggarakan oleh MGMP PAI SMP Kobar, acara ini dikerjasamakan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nur Ahadiyah (STITNA) Pangkalan Bun.
Hadir dalam acara ini, Kabid SMP Kab. Kobar, Kepala Kemenag Kabupaten Kotawaringin Barat, Kasi PAI, Sekretaris perpusda, Waka bidang akademik STITNA. Turut hadir, MGMP PAI SMP, perwakilan KKG PAI SD, MGMP PAI SMA, MGMP PAI SMK se-kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam sambutannya, Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah memberikan dukungan dan ucapan selamat atas penerbitan jurnal Mutahalaah. "Saya sangat mengapresiasi penerbitan jurnal Muthalaah ini. Makna dan semangat muthalaah saya kira adalah upaya belajar terus menerus. Semangat ini penting karena menulis artikel ilmiah memerlukan kemampuan memahami tema dan masalah yang digali dengan tepat,"katanya (15/11).

Apresiasi yang senada disampaikan oleh Kepala Kemenag Kobar, Mulyono. "Penerbitan jurnal Muthalaah ini adalah capaian yang monumental yang diperlukan untuk mengembangkan budaya literasi ilmiah dan meningkatkan karir serta profesionalitas GPAI," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MGMP PAI SMP Kab. Kobar, Muhammad Urip menyatakan rasa bangga dan ucapan terima kasihnya. "Kami haturkan terima kasih atas dukungan Direktorat PAI yang memungkinkan terbitnya jurnal Muthalaah. Alhamdulillah, penerbitan jurnal ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami," tuturnya.

"Kami berharap, jurnal ini menjadi awal yang positif untuk menjadi bagian dari upaya meningkatkan kompetensi GPAI SMP dalam menuangkan karya inovatif. Ke depannya semoga MGMP PAI semakin berkembang, dan siap berprestasi lebih jauh," pungkasnya. (SubditSMP)




Terkait