Jakarta (Dit.PAI). Sehubungan dengan kegiatan Festival PAI Tahun 2022 yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam," />

Siswa dan Guru PAI SMP Siap Sukseskan Festival PAI 2022

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jakarta (Dit.PAI). Sehubungan dengan kegiatan Festival PAI Tahun 2022 yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, pada tanggal 25-27 Oktober 2022 di Serpong Banten, para Siswa dan Guru PAI SMP siap mensukesakan acara tersebut yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Herry Zakaria Anshory dari Subdit PAI SMP/SMPLB mengatakan bahwa Subdit PAI SMP akan berpartisipasi dalam kegiatan Festival PAI tersebut dalam bidang MTQ dan jurnal ilmiah.

“Kita akan menampilkan siswa-siswa SMP yang telah juara dalam Lomba MTQ yang dilaksanakan oleh MGMP PAI SMP di 10 Kabupaten/Kota,” kata Herry.

Menurutnya, anak-anak SMP yang menjadi juara di tempat masing-masing itu layak ditampilkan di Jakarta untuk menunjukkan kemampuan dan ketrampilannya dalam membaca al Qur'an dengan indah.

“Ada 20 siswa SMP yang akan kita tampilkan di Festival nanti, 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Mereka adalah yang terbaik di Kabupaten/Kota masing-masing. Moga-moga mereka nanti dapat menjadi qori dan qoriah nasional,” ujarnya.

Sementara itu Witdiaji, PTP Subdit PAI SMP/SMPLB yang selama ini menangani kegiatan TBTQ di SMP mengatakan bahwa dalam kegiatan Festival nanti para Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten/Kota juga akan datang mendampingi.

“Kami juga akan undang para Ketua MGMP PAI SMP. Karena merekalah yang sesungguhnya telah menemukan bakat dan minat para siswa SMP dalam bidang tuntas baca tulis Al Qur’an melalui Lomba MTQ di tempat masing-masing,” kata Witdiaji.

Menurut Witdiaji, kegiatan TBTQ di sekolah sangat efektif dalam meningkatkan mutu kemampuan dan ketrampilan para siswa dalam bidang baca tulis Al Qur’an.

“Saat diadakan Lomba MTQ di wilayah masing-masing, antusiasme dari siswa maupun guru sangat luar biasa. Bahkan sejumlah Bupati dan Walikota hadir langsung membuka kegiatan MTQ tingkat SMP tersebut” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Hasan Basri, PTP PAI SMP yang menangani guru PAI SMP mengatakan bahwa Subdit PAI SMP tidak hanya akan menampilkan siswa SMP, namun juga menghadirkan guru-guru PAI SMP yang aktif dan kreatif.

“Festival PAI Tahun 2022 fokus pada unjuk kemampuan para siswa, di tingkat TK dan SMA dan SMK. Namun Subdit PAI SMP/SMPLB akan menampilkan keduanya, baik siswa maupun guru PAI,” jelas Hasan Basri.

Menurut Hasan, sebenarnya Subdit PAI SMP/SMPLB bisa menampilkan sejumlah guru PAI SMP yang hebat-hebat. Namun karena keterbatasan waktu dan tempat, maka kali ini hanya bisa menampilkan para guru PAI SMP yang aktif menulis di jurnal ilmiah.

“Kami sebenarnya ingin menampilkan para guru PAI SMP yang hebat-hebat, namun karena keterbatasan waktu akhirnya kami hanya bisa tampilkan guru PAI yang produktif menulis karya ilmiah di jurnal ilmiah MGMP mereka. Padahal banyak guru PAI SMP yang produktif menulis buku ajar dan buku bacaan. kami bahkan ingin mengundang para guru PAI yang pangkatnya tinggi, terutama yangsudah golongan IV c dan IV d,” kata Hasan.

Kegiatan Festival PAI dan Gebyar PAI TK akan diadakan di Serpong Kota Tangerang Selatan Banten tanggal 25-27 Oktober 2022 selain akan dihadiri oleh Menteri Agama, juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, Direktur PAI Amrullah, para Kepala Bidang PAI/PAKIS/PENDIS dan para tamu undangan.

Pada acara puncak kegiatan Festival PAI, hari Rabu, 26 November 2022, diperkiarakan akan dihadiri lebih dari 1.000 siswa dan guru PAI, dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK. ()



Terkait