MGMP PAI SMP Jakarta Pusat Selenggarakan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah PAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jakarta (Dit PAI) -- Sebagai realisasi tindak lanjut pelatihan peningkatan kemampuan Guru PAI SMP/SMPLB dalam bidang Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kota Jakarta Pusat menyelenggarakan kegiatan serupa di tingkat wilayahnya.

Acara bertajuk Pelatihan Karya Tulis MGMP PAI SMP Jakarta Pusat ini diselenggarakan di aula Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Pusat pada 18 – 19 Juli 2022, diikuti 30 GPAI SMP pada wilayah Jakarta Pusat.

Hadir dalam giat ini, jajaran pimpinan Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Pusat, mulai dari Kepala Kantor  H. Uang, Kasubag TU Kridarto, hingga Kepala Seksi Pais Ayyub, dan Ketua Pokjawas Jakarta Pusat Ahmad Zaki.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Pusat H. Uang menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas pelaksanaan dan tujuan kegiatan ini. "Kami sangat mengapresiasi terobosan Direktorat PAI dan tekad MGMP PAI SMP Jakarta Pusat dalam upaya mewujudkan jurnal ilmiah ini," katanya (18/7/2022).

Ia pun menyadari tantangan dan kendala yang dihadapi, sembari menawarkan kesiapan bimbingan. "Saya yakin, Jurnal Fajar ini disusun dan diwujudkan melalui upaya yang tidak mudah. Dalam kaitan itu, kami siap memberikan bimbingan teknis yang diperlukan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MGMP PAI SMP Jakarta Pusat, Mohamad Dirsan, melaporkan beberapa hal terkait pelaksanaan kegiatan. "Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama, khususnya Direktorat Pendidikan Agama Islam, atas bantuan yang diberikan untuk penerbitan Jurnal Ilmiah PAI SMP. Kami sadar, ini adalah kesempatan dan wahana yang positif bagi peningkatan kompetensi menulis karya tulis ilmiah bagi GPAI," ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan perkembangan penerbitan Jurnal Ilmiah MGMP PAI SMP Jakarta Pusat. "Saat ini sedang berjalan proses perizinan International Standard of Serial Number (ISSN) untuk penerbitan Jurnal Ilmiah dengan nama Jurnal " Fajar " MGMP PAI SMP Kota Jakarta Pusat," imbuhnya.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan menghadirkan nara sumber kegiatan dari Kemenag Kota Jakarta Pusat, Balai Diklat Kemenag DKI Jakarta, Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Kampus Universitas Negeri Jakarta. (SubditSMP)



Terkait