MGMP PAI SMP Provinsi Bali Gelar Workshop PTK dan Penyusunan Jurnal Ilmiah

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Klungkung, Bali (Dit. PAI) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Provinsi Bali menyelenggarakan Workshop Penelitian Tindakan Kelas dan Penyusunan Jurnal Ilmiah yang dilaksanakan selama 3 hari (5 – 7 November 2022) di Kabupaten Klungkung, Bali. Menggunakan metode luring dan daring, kegiatan ini diadakan di Aula MTs Hasanudin Klungkung.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Kasubdit PAI SMP/SMPLB Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama (secara daring), para PTP di Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, dan para peserta yang merupakan Guru PAI SMP dari beberapa Kabupaten di Provinsi Bali.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Mahmudi, mengapreasi pelaksanaan kegiatan ini dan menyampaikan harapannya.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang sangat positif ini. MGMP PAI SMP Bali telah menerbitkan Jurnal Ilmiah PAI SMP yang dinamai Jurnal Pendidikan Islam. Patut dipahami bersama, jurnal ilmiah adalah media untuk mengembangkan profesi guru dan penelitian di dalam kelas yang berkelanjutan untuk peningkatan kualitas pembelajaran PAI. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran PAI di Bali adalah pada aspek TBTQ (Tuntas Baca Tulis Qur’an)," paparnya (6/11).

"Mari kita manfaatkan sebaik mungkin keberadaan jurnal ilmiah Pendidikan Islam ini dengan memberikan kontribusi pemikiran dan mengambil manfaat dari berbagai artikel di dalamnya," harapnya.

Sementara itu, Kasubdit PAI SMP/SMPLB Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama, Agus Sholeh, menyampaikan perlunya motivasi dan peningkatan kompetensi GPAI dalam menulis karya ilmiah.

"GPAI seyogyanya mampu menampilkan diri sebagai figur yang inovatif dan kreatif. Jurnal ilmiah PAI ini adalah wadah dan panggung bagi Bapak/Ibu untuk menuangkan gagasan tentang Pendidikan Agama Islam secara ilmiah," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Bali, Achmad Syarif, menjelaskan tujuan kegiatan ini.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi GPAI Provinsi Bali dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk memberikan pemahaman GPAI tentang jenis-jenis artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah, serta meningkatkan kemampuan GPAI dalam merubah laporan PTK menjadi naskah artikel ilmiah," urainya.

Salah satu narasumber, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd menyampaikan materi tentang Penelitian Tindakan Kelas. “Sesungguhnya guru-guru sering melakukan langkah-langkah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), namun tidak melakukan pencatatan dan penulisan,” jelas Pembantu Rektor 3 Universitas Pendidikan Singaraja Bali ini.
Di hari terakhir workshop, terdapat tugas mandiri bagi peserta yang ditujukan untuk menunjang penulisan naskah Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam MGMP PAI SMP Provinsi Bali.(Adel/SubditSMP)



Terkait