MGMP PAI SMP Jawa Tengah Gelar Rangkaian Kegiatan Ramadhan 1444 H

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Semarang (Direktorat PAI) – MGMP PAI SMP Jawa Tengah menggelar rangkaian kegiatan Ramadhan 1444 H. Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan terdiri dari beberapa aktivitas, yakni kultum menjelang berbuka puasa, tadarus Al-Qur’an setelah salat tarawih, dan penyusunan naskah khutbah Jumat, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Kegiatan ini dihadiri Kasubdit PAI SMP Direktorat PAI Direktorat Jenderal Pedidikan Islam, Dewan Pembina dan Dewan Pakar MGMP PAI Jawa Tengah, dan para pengurus MGMP PAI SMP dari 34 Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah.

Mewakili Direktur PAI, Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Agus Sholeh melaunching acara ini sekaligus memberikan pandangannya. Dalam sambutannya, Agus Sholeh menilai bahwa kegiatan semacam ini menjadi momentum bagi guru PAI untuk membuktikan kompetensinya dalam hal membaca Al Qur'an, literasi keislaman, dan wawasan keilmuan Islam.

“Selama ini kita lebih banyak memikirkan kegiatan bagi peserta didik, seperti memberikan ajang lomba untuk anak-anak, sementara bagi guru biasanya lomba-lomba yang sifatnya serius, seperti lomba kreativitas pembelajaran, dan inovasi pembelajaran," katanya (20/3).

"Kita tahu pesertanya bisa jadi hanya itu-itu saja. Pemenangnya juga itu itu saja, sehingga kegiatan seperti ini sangat tepat dalam rangka memberi ruang seluasnya bagi GPAI untuk menunjukkan kemampuannya,” demikian ujar Agus.

Lebih jauh dirinya berharap, program ini bisa mendorong bermacam prakarsa positif GPAI, selayaknya lokomotif kereta yang kadang-kadang harus menarik gerbong, tapi kadang juga harus mendorong gerbong kereta.

Menurutnya, kegiatan ini sekaligus memberikan kesempatan kepada guru untuk mengaji sehingga nanti akan ketahuan fasohahnya, tajwidnya, pemahamannya. "Siapa tahu di kemudian hari, kegiatan semacam ini kita bisa terus dikembangkan dalam bentuk kajian berbahasa Arab sebagai bentuk pemahaman atas Al-Qur’an," pungkasnya.

Hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut, anggota dewan pakar MGMP PAI SMP Jawa Tengah, Amin Nurbaedi. Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang ini mengajak kepada GPAI untuk senantiasa meningkatkan semangat silaturahim dan semangat menyambut bulan suci Ramadan 1444 H.

Pria yang belum lama meraih gelar doktor ini juga memberi apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan Ramadhan MGMP PAI SMP Jawa Tengah 1444H. Ia juga menyampaikan optimism dan harapannya agar MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah dapat lebih berkibar kegiatannya.

Sementara itu, Syaekudin, ketua umum MGMP PAI Jawa Tengah, menyampaikan bahwa MGMP propinsi Jawa Tengah pada Ramadhan tahun ini akan melaksanakan program kerja dari bidang kompetensi spiritual.

Kegiatan dengan subyek Guru PAI ini diharapkan dapat menjadi ajang saling belajar. Kultum menjelang berbuka puasa diikuti oleh guru PAI terpilih dari kabupaten/kota di Jawa Tengah yang sudah dijadwalkan berikut temanya.

Tadarus Al-Qur’an setelah tarawih dilaksanakan oleh MGMP kabupaten/kota sesuai jadwal. Setiap MGMP kabupaten/kota menunjuk 10 hingga 20 Guru PAI untuk melaksanakan tadarus secara virtual dan disiarkan secara live melalui Youtube MGMP PAI SMP Jawa Tengah.

Kegiatan berikutnya adalah penerbitan naskah khutbah Jumat oleh GPAI yang diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi para khatib pada hari Jumat, Idul Fitri maupun Idul Adha. Ke depan naskah khutbah Jumat tersebut akan dibukukan sebagai bunga rampai khutbah yang bisa diakses dan digunakan oleh para guru PAI.

Kegiatan launching ini juga diikuti oleh Ahmad Ahnaf, siswa kelas 7 dari SMP Al Huda Kebumen, juara I tilawah Al Qur’an Putra pada lomba MAPSI SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah ke-11 di kabupaten Pekalongan. (DS/SubditSMP)

Kontributor: Syaekudin




Terkait