1.345 Guru dan Pengawas PAI Ikut Seleksi Calon Pelatih PKB GPAI 2021

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Jakarta (Dit.PAI) --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) menggelar seleksi calon Pelatih Nasional dan Pelatih Provinsi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru PAI tahun 2021. Seleksi dilaksanakan dari tanggal 24 – 31 Oktober 2021.

Sebanyak 1.345 guru dan pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti seleksi tahap pertama. Seleksi tahap pertama yaitu Tes Berbasis Komputer dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring), Ahad (24/10/2021).

Direktur PAI Kemenag RI Amrullah mengatakan, seleksi ini merupakan langkah untuk mendapatkan pelatih yang memiliki kompetensi dan penguasaan substansi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), serta teknis pembelajaran yang efektif,  interaktif, dan komunikatif.

Dikatakan Amrullah, peningkatan kompetensi guru PAI merupakan bagian dari upaya Kemenag dalam peningkatan kualitas beragama dan juga moderasi beragama. Sehingga pelatih yang memiliki kompetensi tentunya akan berdampak pada kualitas guru PAI.

“Semoga semua tahapan seleksi berjalan lancar dan peserta dapat memenuhi passing grade yang telah ditentukan.  Sehingga menghasilkan pelatih PKB yang memiliki kompetensi dan kualitas,” kata Amrullah di Jakarta, Ahad (24/10/2021).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat PAI Rizky FA menambahkan, peserta seleksi merupakan guru dan pengawas PAI yang di rekomendasikan oleh Kanwil Kemenag Provinsi.

Dikatakan Rizky, dari 1.345 yang mengikuti Tes Berbasis Komputer, 288 orang dari unsur pengawas, Guru PAI pada Taman Kanak Kanak (TK) sebanyak  51 orang, Guru PAI pada Sekolah Dasar (SD) sebanyak 344 orang, Guru PAI pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 324 orang, dan Guru PAI pada SMA/SMK sebanyak 338 orang.

“Tes dilakukan beberapa tahap, tahap pertama  tes berbasis komputer, tahap kedua penilaian portofolio, dan selanjutnya wawancara,” terang Rizky.

Untuk tim penilai portofolio dan wawancara, lanjut Rizky, Direktorat PAI melibatkan para profesional terdiri dari pejabat di lingkungan Direktorat PAI, perwakilan dosen PTIN, perwakilan guru dan pengawas PAI yang terlibat dalam tim pengembang PKB GPAI.



Terkait