Direktorat PAI Lakukan Penguatan Bagi Pelatih PPKB GPAI SMP Tingkat Propinsi

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Denpasar (Dit PAI). Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama melakukan kegiatan penguatan pengetahuan dan kemampuan bagi para Pelatih Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) PAI SMP/SMPLB Tingkat Propinsi. Kegiatan yang dilaksanakan di Denpasar ini diharapkan dapat memberi bekal bagi para calon Pelatih PPKB Tingkat Propinsi sebelum mereka melatih para guru PAI SMP di propinsi dan kabupaten/kota masing-masing.

Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah, dalam sambutannya meminta agar para Pelatih PPKB PAI SMP/SMPLB tingkat propinsi ini bergerak bersama-sama dalam meningkatkan mutu Pendidikan di daerahnya.

“Guru PAI SMP mempunyai posisi yang sangat strategis dalam membantu memulihkan iklim Pendidikan nasional setelah masa pandemic Covid. Para pelatih PPKB ini harus bisa mendorong para guru PAI SMP agar bersama-sama bergerak, tidak sendiri-sendiri, dalam meningkatkan mutu PAI di tempat masing-masing”, kata Amrullah (30/5/2023)..

Dalam sambutannya, Amrullah juga menyinggung hasil PK Online guru PAI yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu untuk semua guru PAI di Indonesia.

“Kita memang tidak terlalu gembira dengan hasil PK Online kemarin. Karena hasilnya dibawah 75 %. Tetapi itulah realitas yang harus kita hadapi. Karena itu tugas Direktorat PAI untuk segera melakukan pelatihan kepada semua guru PAI pada tahun ini juga. Maka beruntunglah saudara-saudara para pelatih ini karena mendapat pembekalan dan penguatan dari Direktorat PAI”, ungkap Amrullah.

Direktorat PAI sudah mengembangkan PPKB guru PAI beberapa tahun lalu dan saat ini sudah dilakukan penyempurnaan agar PPKB selalu update dengan tantangan pendidikan setelah pandemic Covid 19.

“Secara simultan, Direktorat PAI akan menggunakan program PPKB ini untuk menyapa semua guru PAI se Indonesia, baik melalui luring maupun daring. Ini sesuai dengan tag linenya PPKB, yaitu jelas profilnya dan tepat pelatihannya”, ujar Amrullah.

Kepada para pelatih, Direktur minta agar semua guru PAI dapat menjadi guru inspiratif bagi kemajuan Pendidikan nasional saat ini.

“Para pelatih harus menguasai berbagai kebijakan terkini, baikdari Kemendikbudristek maupun Kementerian Agama, seperti Kurikulum Merdeka, Pelajar Pancasila, Guru Penggerak dan Moderasi Beragama, sehingga para guru PAI kita dapat memiliki semangat baru. Motivasi baru”, kata Amrullah.

Amrullah berharap agar Subdit PAI SMP dapat meneruskan program penguatan pelatih PPKB kepada pelatih yang lain karena masih banyak pelatih yang perlu mendapat program penguatan.

“Saya berharap para pelatih yang lain juga mendapat penguatan sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik dan lebih siap. Karena merekalah yang mengetahui kebutuhan di daerah masing-masing”, harap Amrullah.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB, Agus Sholeh, mengatakan bahwa program penguatan pelatih PPKB SMP tingkat propinsi ini dilakukan agar terdapat persamaan persepsi dan strategi dalam melaksanakan PPKB di propinsi masing-masing.

“Kondisi Pendidikan masing-masing di daerah mempunyai perbedaan, karena itu para peserta dapat diskusi bersama dan memotret pendidikan di daerahnya. Sehingga materi pelatihan sesuai dengan yang diharapkan para guru PAI di SMP masing-masing”, ujar Agus.

Lebih jauh, Agus menjelaskan bahwa dengan adanya penguatan ini dapat mendorong para Pelatih PPKB PAI SMP ini lebih aktif dan kreatif dalam menggerakkan dunia sekolah.

“Dengan adanya program PPKB ini diharapkan semua guru PAI SMP dapat menjadi lebih aktif dan kreatif untuk mengembangkan sekolah masing-masing, terutama terkait dengan penerapan kurikulum merdeka”, tambah Agus

Agus juga menyambut positif usulan peserta agar Direktorat PAI segera melakukan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka yang sudah direview agar para guru PAI mendapat pemahaman yang komprehentif dan updated.

“Kita berharap pada tahun ini bisa dilakukan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka yang sudah direview agar semua guru PAI SMP dapat pencerahan dari perubahan kurikulum nasional ini dan siap memasuki tahun ajaran baru 2023/2024”, kata Agus.

Kegiatan Workshop Penguatan Pelatih PPK Tingkat Propinsi ini diikuti oleh para pelatih PPKB PAI SMP tingkat propinsi dari 20 propinsi dan langsung dipandu oleh para pelatih PPKB PAI SMP tingkat nasional yang sudah ditetapkan oleh Direktorat PAI.



Terkait