Direktorat PAI Perkuat Koordinasi Antarlembaga Mitra GPAI TK

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Pekanbaru (Direktorat PAI) – Selain sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program dan penerapan kebijakan terkait PAI di sekolah, kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Direktorat PAI juga berfungsi memperkuat koordinasi antarlembaga dan dukungan pembinaan GPAI di daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Plh. Kepala Kantor Kemenag Pekanbaru, Abdul Wahid, dalam kegiatan yang diinisiasi Bidang Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Riau, yaitu Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Nilai Moderasi Beragama Jenjang Taman Kanak-Kanak pada Jumat (8/06) di Aula Kantor Kemenag Kota Pekanbaru Prov Riau.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Pais Kemenag kota Pekanbaru, Marzai, menilai bahwa penguatan koordinasi antarlembaga amat membantu pihak-pihak terkait, mulai dari tingkat pusat, wilayah, kota, dinas pendidikan, hingga organisasi mitra profesi.

Dirinya menjelaskan, “Kami dapat memperoleh informasi terbaru dan menyamakan persepsi atas kondisi yang berkembang terkait GPAI TK dan pembelajaran PAI di sekolah, untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Kota Pekanbaru.”

Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut, PTP Bidang Kurikulum Subdit PAI pada PAUD dan TK, Masita, mengajak peserta untuk terus memperbaharui pengetahuan dan kemampuan diri, khususnya dalam pengembangan pembelajaran PAI TK terkait insersi nilai Moderasi Beragama dan Kurikulum Merdeka.

Selain itu, dirinya menambahkan, melalui monev yang dilaksanakan Subdit PAI pada PUAD/TK, Direktorat PAI juga telah membagikan Alat Permainan Edukatif (APE) Seri Moderasi Beragama dengan sasaran di provinsi Riau, Maluku Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, dan wilayah lainnya.

“Kami berharap, APE Seri Moderasi Beragama dapat dijadikan sebagai model yang dapat memantik semangat GPAI TK untuk mengembangkan kreativitas dalam membuat karya inovasi pengembangan pembelajaran PAI di sekolahnya,” harapnya.

Kegiatan serupa sehari sebelumnya juga dilaksanakan di Kota Dumai. Pada kesempatan kali ini, kegiatan dihadiri oleh PTP Bidang Pakis Kanwil Kemenag Riau, Ridwan, Kasi TK PAUD Dinas Pedidikan Kota Pekanbaru, Sardius, Ketua FKG PAI TK Kota Pekanbaru, dan Ketua IGTK Kota Pekanbaru. Peserta merupakan Kepala TK Negeri Pembina se-kota Pekanbaru. (Wahid)



Terkait