(FKG PAI TK) FKG PAI Gelar Pelatihan Manasik Haji bagi Guru PAI TK se-Sulawesi Selatan

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Makassar (Dit. PAI) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam, para GPAI didorong untuk terus melakukan berbagai upaya positif terkait upaya tersebut, salah satunya adalah pelatihan manasik haji.

Dalam kaitan itu, Guru Pendidikan Agama Islan Taman Kanak-Kanak (PAI TK) se-Sulawesi Selatan mengikuti Pelatihan Manasik Haji yang digelar oleh Forum Komunikasi Guru PAI TK (FKG PAI TK) Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tema “Melalui Peragaan Manasik Haji Dapat Meningkatkan Kompetensi Guru PAI TK yang Unggul dan Profesional”. Kegiatan manasik haji bagi GPAI TK se-Sulawesi Selatan dilaksanakan pada 26 Mei 2022 di di Asrama Haji Sudiang, Biring Kanaya, Kota Makassar.

Peserta pelatihan adalah perwakilan guru PAI TK dari 14 Kabupaten kota se-Sulawesi Selatan sebanyak 165 orang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan (istri Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman) Naomi Octarina di Aula Raudhah.

Dalam sambutannya, Naomi menyambut positif dan memberikan dukungannya atas pelaksanaan kegiatan ini. “Kegiatan Pelatihan Manasik Haji bagi Guru PAI TK ini penting untuk mendukung kompetensi dan profesionalitas GPAI, khususnya di Sulawesi Selatan. Kami menyambut positif dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Selain itu, Naomi juga menekankan peran strategis GPAI TK sebagai suri tauladan dalam pembelajaran dan pembiasaan Pandidikan Agama Islam bagi para peserta didik. “Saya menilai, GPAI TK berfungsi sebagai role model dalam upaya melakukan transmisi ilmu dan mengajarkan keteladanan pada para peserta didik,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kabid Pais Kemenag Sulsel, Kabid PAUD DIKMAS kota Makassar, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Sulsel, Ketua Pokjawas Provinsi Sulsel, para Pengawas PAI Kabupaten/Kota di Sulsel, dan undangan lainnya.

Kegiatan manasik haji diisi dengan praktek Manasik Haji di sekitar miniatur Ka’bah, Sa’i antara Bukit Shafa dan Marwah, serta Melontar Jumrah yang dipandu oleh para fasilitator
Secara terpisah, Kepala Subdit PAI pada PAUD dan TK Direktorat PAI Lelis Tsuroya Herniatin memberikan tanggapannya atas kegiatan pelatihan manasik haji oleh FKG PAI TK Provinsi Sulawesi Selatan ini.

“Pelatihan manasik haji penting dilaksanakan untuk menjaga dan menyegarkan kompetensi penguasaan materi ibadah Agama Islam, dalam hal ini ibadah haji. FKG PAI TK telah berkontribusi positif dengan pelatihan semacam ini,” pungkas Lelis. (Han/SubditPAUD-TK)

Kontributor: FKG PAI TK Provinsi Sulsel



Terkait