(FKGPAI TK) Tahun Baru Hijriyah, Momentum Perbaikan Diri dan Persiapkan Generasi Rabbani

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Samarinda, Direktorat PAI – Pembina Forum Komunikasi Guru PAI TK (FKGPAI TK) Kalimantan Timur, yang juga adalah istri Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Erni Makmur, memberikan pandangannya saat memberikan sambutan dalam acara "Gebyar Muharram 1444 H" di Samarinda mengenai pentingnya menyiapkan generasi Rabbani sejak dini.

"Peristiwa Hijrah Rasul ini diabadikan oleh Sayydina Umar bin Khattab sebagai permulaan tahun baru Islam, yang berdasarkan prakiraan bulan dimulai dengan buIan Muharram, bulan yang mulia dan terpuji," kata Erni.

"Momentum Hijiryah ini semoga bisa mendorong kita untuk mampu mempersiapkan generasi Rabbani dengan maksimal, mengenalkan pembiasaan yang baik kepada anak-anak usia dini, seperti yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabat dalam memperjuangkan agama Islam dan menghiasi kepribadian dalam koridor lslami," harapnya (13/8).

Acara yang digelar di Plaza Mulia, Samarinda, ini diselenggarakan oleh FKGPAI TK Kalimantan Timur bekerja sama dengan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kota Samarinda pada tanggal 13 Agustus 2022.

Hadir, pejabat dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur, Ketua IGTKI Prov. Kaltim, Ketua IGTKI Kota Samarinda, Ketua Himpaudi Prov. Kaltim, Ketua IGRA Prov. Kaltim, dan undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua FKGPAI TK Kalimantan Tiimur, Nurida, menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas penyelenggaraan kegiatan ini. "Alhamdulillah, persiapan sudah dilaksanakan dengan matang. Kami berharap acara ini dapat terselenggara dengan baik hingga akhir. Adapun tujuan acara ini adalah untuk melatih kemandirian, keberanian, dan membangun silaturahim antarlembaga dan pemangku kepentingan, " terangnya.

Acara ini pada dasarnya merupakan bentuk kerja sama dan kolaborasi berbagai pihak terkait. Untuk menyukseskan acara ini, FKGPAI TK Kaltim menggandeng beberapa mitra, yaitu IGTKI kota Samarinda, IGRA Kaltim, Himpaudi kota Samarinda, dan SKB kota Samarinda.

Rangkaian kegiatan ini diisi dengan aktivitas berupa tiga macam lomba, yakni lomba menari islami (17 kelompok, masing-masing enam anak), lomba azan (35 peserta), lomba finger painting kaligrafi oleh guru (31 peserta).

Ditemui secara terpisah, Kasubdit PAI pada PAUD/TK Lelis Tsuroyya Herniatin memberikan tanggapannya mengenai kegiatan "Gebyar Muharram 1444 H" kerja sama antara FKGPAI TK dengan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kalimantan Timur.

"Kami menyambut baik dan mendorong pola kerja sama seperti ini. Kolaborasi antarmitra PAI di PAUD/TK menjadi penting untuk mencetak generasi Islam yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, dan berwawasan moderat," katanya (14/8). (SubditPAUD/TK)

Kontributor : FKGPAI TK dan IGTKI Kalimantan Timur



Terkait