FKGPAI TK Tana Tidung Selenggarakan Manasik Haji Cilik

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Tana Tidung, Kaltara (Direktorat PAI) – Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKGPAI) TK Kabupaten Tana Tidung bekerja sama dengan Gugus Matoa Kecamatan Tana Lia melaksanakan kegiatan Manasik Haji Cilik bagi para siswa TK pada 14 April 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh murid PAUD dan TK Se-Kecamatan Tana Lia. Kegiatan yang digelar sebagai wujud kerja sama dan kebersamaan seluruh pendidik PAUD di Tana Lia ini dilaksanakan di halaman masjid TK/SD Terpadu Unggulan Tana Tidung.

Dalam kegiatan ini, anak-anak TK dapat fokus dan ceria saat mengikuti kegiatan pengenalan ritual berhaji, mulai dari melakukan tawaf dengan mengelilingi ka’abah, membaca shalawat, minum air zam-zam, sai, wukuf, melontar jumrah, Tahallul dan praktik lainya.

Penanggung jawab Gugus Matoa Kecamatan Tana Lia, Nur Inayah, menyatakan pendapatnya mengenai pelaksanaan kegiatan ini.

"Manasik haji cilik ini sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka belajar melalui capaian pembelajaran pada elemen nilai agama dan budi pekerti. Melalui kegiatan ini anak dapat mengenal pelaksanaan rukun Islam yang ke-5, yaitu ibadah haji," terangnya.

“Melalui manasik haji cilik ini diharapkan anak dapat mempraktikkan tahapan-tahapan haji, mengaplikasikan rasa tanggung jawab dan kebersamaan, dan membentuk kepekaan terhadap sesama maupun lingkungan sekitarnya sejak dini," imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKGPAI) dari Provinsi Kalimantan Utara yang mengapresiasi kegiatan ini karena sangat penting bagi anak sebagai bekal dan pengalaman berharga dalam proses pendidikan dan tumbuh kembang mereka.

Suriani, salah satu orangtua murid yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasinya. “Kegiatan seperti ini sangat penting agar anak dapat mengenal haji sejak dan makin memperdalam pendidikan agama Isalm sebagai fondasi karakter mereka,” katanya. (Tim Media PAI)

Kontributor: Sitti Raoda (PTP pada Bidang Pendis Kanwil Kemenag Kaltara)






Terkait