Kembangkan Kreativitas Mengajar Guru TK dengan Lomba Inovasi Pembelajaran PAI

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)


Serpong (Dit. PAI) -- Dalam sambutannya pada Puncak Acara Festival dan Gebyar PAI di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Banten, Rabu 26 Oktober 2022, Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nizar Ali menyampaikan bahwa sekarang adalah momentum yang tepat bagi para guru PAI lintas jenjang mulai dari PAUD/TK sampai jenjang SMA/SMK untuk menjadi garda terdepan.

"Peran strategis sebagai pengawal moderasi beragama dalam dalam kancah pendidikan tersebut tanpa melihat status selaku guru PNS atau Non PNS, atau guru di bawah Kementerian Agama maupun guru Kemendikbud," terangnya.

Kegiatan Gebyar Pendidikan Agama Islam pada Taman Kanak-kanak, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Guru PAI TK dalam rangka pengembangan kreativitas dan inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, di samping sebagai bentuk evaluasi terhadap proses pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada TK.

Dengan kegiatan ini, diharapkan GPAI TK dapat membantu peserta didik mengekspresikan diri sesuai dengan bakat dan minatnya. Kegiatan Gebyar Pendidikan Agama Islam ini juga diupayakan mampu membentuk sikap, mental, percaya diri, kejujuran, dan ukhuwah Islamiyah antar sesama peserta didik, sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan peserta didik di bidang pendidikan agama Islam.

Untuk itu, para guru PAI, terutama di tingkat PAUD/TK, harus memiliki stimulus dalam kaitannya dengan pembelajaran di kelas. Melalui Lomba Inovasi Pembelajaran PAI (Inobel), diharapkan menjadi dorongan dan kesempatan kepada Guru PAI TK/pelaksana PAI di TK untuk berkompetisi dalam mengembangkan karya inovasi pembelajaran PAI di TK.

Ada 6 finalis yang mempresentasikan Lomba Inobel PAI, yakniAinisatus Sofiyah (Jawa Timur), Fitri Nefitra (Sumatera Barat), I Gusti Agung Ayu Widya Dewi (Bali), Nasarina Masika (Kalimantan Barat), Ria El Humairoh (Sumatera Selatan), dan Zulimah (Jawa Tengah).

Menurut panitia lomba, untuk kategori mata lomba Inobel PAI guru TK tahun 2022 ini mengalami peningkatan pesat. Selain banyak wajah baru yang belum pernah ikut lomba sejenis, hal demikian karena keragaman dan kemutakhiran karya inovasi mereka. Lebih dari itu, untuk juara 1, 2, dan 3 malah sudah menghasilkan karya berbasis aplikasi android, termasuk penggunaan robotik.

Juara 1 lomba Inobel PAI tingkat nasional tahun 2022 ini diraih oleh Ria Elhumairoh (guru TK Islam Az Zahrah, Palembang, Sumatera Selatan). (Wikan)



Terkait