MAPSI, Ajang Kompetisi dan Kreativitas Seni Islam Siswa SMP Jawa Tengah

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Semarang (Bidang PAI Jateng/Tim Media Dit PAI)-- Lomba MAPSI (Mata Pelajaran dan Seni Islami) SMP Ke-10 yang dilaksanakan oleh MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah telah selesai dilaksanakan. MAPSI diselenggarakan dari tanggal 17 Oktober 2021 hingga grand final pada tanggal 9 November 2021. Nuansa sportifitas, kreativitas, solidaritas, dan kebersamaan telah dibangun oleh para peserta yang berasal dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Penutupan ini diadakan di aula lantai I Masjid Agung Jawa Tengah. Penutupan lomba MAPSI dilaksanakan setelah babak final seluruh cabang selesai. Meskpun secara sederhana, acara berlangsung lancar, khidmat, dan memberikan kesan tersendiri bagi para peserta, pendamping, dan panitia.

Mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, hadir Kepala Bidang PAI pada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Imam Buchori. Dalam sambutannya, Imam menyampaikan apresiasi kepada MGMP PAI SMP, DPW AGPAII, dan Pokjawas Provinsi Jawa Tengah yang telah bekerja sama menyelenggarakan lomba MAPSI sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pria murah senyum itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta lomba MAPSI yang telah berkompetensi secara sportif dan kreatif. “Lomba MAPSI ini merupakan ajang kompetisi dan kreativitas bagi siswa SMP di Jawa Tengah, meskipun diselenggarakan di tengah masa pandemi Covid-19 yang sangat sulit,” tuturnya (9/11). “Selamat untuk para juara, semoga bisa menjadi motivasi untuk selalu meningkatkan kreativitas. Bagi yang belum juara agar tetap semangat,” imbuhnya. Di akhir sambutannya, Imam menutup secara resmi kegiatan Lomba MAPSI SMP X Jenjang SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, ketua Umum MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah Yaskur menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana karena kerja keras dan keikhlasan dari pengurus dan anggota MGMP PAI SMP se-Jawa Tengah. Dia juga menyampaikan apreasiasi dan ungkapan terima kasih kepada semua pihak, seluruh panitia, dewan juri, serta para peserta lomba yang mendapatkan juara. Yaskur mengajak semua pihak untuk mendoakan agar Lomba MAPSI XI tahun 2022, yang insya Allah akan diadakan di kabupaten Jepara, bisa terlaksana lebih baik dan optimal.

Pada kesempatan tersebut, ketua panitia lomba MAPSI Syaekudin mengumumkan hasil kejuaraan MAPSI yang juga disiarkan secara live melalui Channel Youtube MGMP PAI Kota Semarang. Turut hadir dalam upacara penutupan MAPSI X tahun 2021 adalah Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Dinas Pendidikan Kota Semarang Fitri Ati dan Ketua Pokjawas PAI Provinsi Jawa Tengah Amir Mahmud. Selain itu, pada babak final lomba MAPSI ini juga dihadiri oleh Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah Muhammad Ahsan dan Sekretaris DPW AGPAII Hery Nugroho.

Berikut hasil lomba setiap cabang lomba berdasarkan kabupaten/kota secara berurutan dari Juara I sampai Juara Harapan III: CCI (CERDAS CERMAT ISLAMI): Temanggung, Wonosobo, Kota Semarang, Pati, Demak, Purbalingga. Pidato Putra: Pemalang, Banyumas, Sukoharjo, Purbalingga, Kota Tegal, Wonosobo. Pidato Putri: Temanggung, Pati, Boyolali, Sukoharjo, Rembang, Cilacap. Tilawah Putra: Kudus, Banyumas, Pati, Cilacap, Demak, Wonosobo. Tilawah Putri: Kota Semarang, Banyumas, Klaten, Magelang, Purbalingga, Kendal. Tartil Putra: Kota Semarang, Kudus, Pemalang, Purbalingga, Wonosobo, Magelang. Tartil Putri: Pati, Brebes, Kota Semarang, Grobogan, Banyumas, Kab. Semarang. Tahfidz Putra: Banyumas, Batang, Boyolali, Karanganyar, Jepara, Kota Semarang. Tahfidz Putri: Kudus, Klaten, Pati, Temanggung, Wonosobo, Magelang. Kaligrafi Putra: Temanggung, Kudus, Banyumas, Pati, Demak, Magelang. Kaligrafi Putri: Temanggung, Cilacap, Banyumas, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Pati. Rebana: Rembang, Wonosobo, Kab Semarang, Kab. Magelang, Kota Semarang, Temanggung.

Perolehan nilai akumulasi kejuaraan terbanyak diraih Kabupaten Temanggung, disusul Kabupaten Banyumas dan Kota Semarang. Keluar sebagai Juara Umum dan berhak memboyong piala bergilir Gubernur Jawa Tengah adalah kontingen dari Kabupaten Temanggung. (NH-SY/Tim Media PAI)




Terkait