MTQ Pelajar SMP, Upaya Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai Al Qur’an

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Kendari (Direktorat PAI) -- MGMP PAI SMP Kota Kendari menyelenggarakan Kegiatan MTQ – TBTQ (Musyabaqah Tilawatil Quran – Tuntas Baca Tulis Al Qur’an) PAI Tingkat SMP se-Kota Kendari di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (6/8).

Kegiatan MTQ – TBTQ (Musyabaqah Tilawatil Qur’an – Tuntas Baca Tulis Al Qur’an) PAI Tingkat SMP se-Kota Kendari ini bertemakan “Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-Nilai Al Qur’an, Mewujudkan Generasi Milenial Qur’ani yang Unggul, Cerdas, dan Berakhlakul Karimah”. Dibuka oleh Walikota Kendari (diwakili Asisten III Pemkot Kendari), kegiatan ini dihadiri para pelajar SMP di wilayah Kota Kendari.

Hadir, Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda Seksi Ketenagaan Subdit PAI pada SMP/SMPLB Hasan Basri (mewakili Direktur Pendidikan Agama Islam), Kasubag TU KanKemenag Kota Kendari Paharuddin, Kepala Seksi PAIS Kankemenag Kota Kendari Budhi Permana, Pengawas PAI Kota Kendari Kamaluddin, dan undangan lainnya.

Saat memberikan sambutannya, Walikota Kendari yang diwakili Asisten III Pemkot Kendari, Makmur, menyampaikan dukungan dan rencana tindak lanjut lomba MTQ – TBTQ PAI Tingkat SMP ini. “Pemkot Kendari sangat mendukung lomba MTQ - TBTQ ini. Kami memandang, lomba seperti ini mampu mendorong upaya terbentuknya generasi Qurani yang menjadi tema dan misi kegiatan,” terangnya.

Lebih jauh, dirinya juga menyatakan tekad dan rencana Pemkot Kendari untuk memberikan wadah yang lebuh luas terkait lomba ini. “Dengan semangat yang sama untuk membentuk karakter generasi Qur’ani, Pemkot Kendari merencanakan adanya piala bergilir khusus lomba MTQ Pelajar di Kota Kendari,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pengembang Teknologi Pembelajaran Seksi Ketenagaan Subdit PAI pada SMP/SMPLB Hasan Basri, mewakili Direktur Pendidikan Agama Islam, menilai makna penting lomba MTQ – TBTQ yang dilaksanakan.

“MTQ merupakan upaya membangun literasi Al Qur’an. Hal ini sejalan dengan janji Allah bahwa Al Qur’an akan selalu dijaga keasliannya melalui tulisan, bacaan, hafalan, serta kajian-kajian Qur’ani. Meningkatnya literasi Al Quran akan berdampak positif bagi pembentukan karakter pribadi yang saleh dan bertakwa. Kami berkomitmen untuk mengawal program TBTQ ini dalam Renstra Kemenag,” urai alumnus UI dan UIN Jakarta ini.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian TU Kankemenag Kota Kendari, Paharuddin, mewakili KaKankemenag, juga menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan ini. "Kami sangat antusias dengan MTQ SMP ini karena banyak lulusan sekolah, bahkan madrasah, yang tidak bisa baca tulis Al Qur’an,” katanya.

Kegiatan MTQ – TBTQ (Musyabaqah Tilawatil Quran – Tuntas Baca Tulis Al Qur’an) PAI Tingkat SMP se-Kota Kendari ini dilaksanakan dengan melombakan dua cabang MTQ, yakni Tartil Al Qur’an dan Kaligrafi, diikuti oleh 60 peserta dari 15 SMP Negeri dan 2 SMP Swasta. (HasanB/SubditSMP)






Terkait