Optimalisasi Data Guru PAI, Direktorat PAI Harap Peran Aktif Operator

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Makassar (Dit PAI)-Guru semestinya melakukan pemutakhiran data diri dan melengkapi dengan benar. Namun, jika guru tidak dapat melakukan pemutakhiran, operator dapat membantu memutakhirkan data sesuai provinsi dan kabupaten/kota.


Hal ini disampaikan oleh Kasubdit PAI pada PTU M Munir dalam kegiatan Konsinyering Pemukhiran Data Sertifikasi untuk guru PAI tahun 2023 di Makassar Sulawesi Selatan, Selasa (23/05).


Kegiatan ini menghadirkan operator dan PTP Kanwil menjadi pertemuan para operator antar Kanwil Kemenag untuk memutakhirkan tentang guru PAI (GPAI), guru sertifikasi, dan jumlah satuan pendidikan.


Menurut Munir pemutakhiran guru PAI tidak bisa dihindari satuan pendidikan dan pemerintah.


Lebih lanjut Munir menyampaikan, pemutakhiran dilakukan dalam rangka pelaksanaan TPG. Maka, Direktorat PAI meminta operator berperan penting untuk melakukan pemutakhiran data, jika terdapat guru mengalami kesulitan.


“Pemutakhiran data merupakan elemen penting dalam dunia pendidikan. Di era digital sekarang berbagai urusan pemutakhiran tentunya harus mengikuti perkembangan zaman. Pemutakhiran dikerjakan berbasis computer,” sambung M Munir.


Pemutakhiran data digunakan untuk guru PAI (GPAI) calon penerima TPG tingkat PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, dan SMA/SMK. Pemutakhiran juga terhadap guru inpasing PAI.


Kegiatan menghasilkan kesepatan antara operator Kanwil Kemenag dan Subdit PTU untuk memutakhirkan data sesuai ditetapkan Direktorat PAI.(yanto)



Terkait