Depok (Dit. PAI) –Tim Monitoring dan Evaluasi Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam pada SMP, Direktorat PAI, Kementerian Agama" />

Direktorat PAI Pantau Ujian Sekolah PAI SMP

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Depok (Dit. PAI) –Tim Monitoring dan Evaluasi Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam pada SMP, Direktorat PAI, Kementerian Agama melaksanakan pemantauan pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 6 Kota Depok. 


“Alhamdulillah, pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 6 Depok berjalan lancar dan khidmat’’. Demikian, pernyataan yang disampaikan Hudaya, Kepala Sekolah Sekolah SMPN 6 Kota Depok saat menerima petugas monitoring pelaksanaan ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Senin, 08 Mei 2023.


Pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2022-2023 di lingkungan UPTD SMP Negeri 6 Depok dilaksanakan dari tanggal 8 sampai 13 Mei 2023. Mata Pelajaran PAI diujikan pada sesi pertama, pukul 07.30-09.00 WIB. “Kegiatan ini diikuti oleh 423 siswa, dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi google form”, tambah Hudaya, pria yang sudah berpengalaman malang-melintang menjadi kepala sekolah ini. 


“Tujuan penyelenggaraan Ujian Sekolah ini adalah sebagai salah satu syarat dalam penentuan kelulusan bagi siswa SMP setelah menyelesaikan jenjang kelas 9”, tegasnya. 


“Kami senang dengan kemajuan ini. Pelaksanaan Sekolah Mapel PAI lebih baik dari tahun  sebelumnya”. Komentar Hasan Basri, Sub Koordinator Seksi Ketenagaan pada Subdit PAI SMP/SMPLB, Direktorat PAI, yang saat itu menjadi petugas monitoring pelaksanaan ujian sekolah. 


“Kemenag akan terus meningkatkan kualitas ujian sekolah Mapel PAI, dengan membuat kisi-kisi pembuatan soal ujian sekolah. Kisi-kisi ini ini dapat menjadi guidance untuk membuat soal, supaya memenuhi standar dan ketentuan yang berlaku”. Tambah Hasan, mengomentari regulasi kemandirian sekolah dalam pelaksanaan ujian sekolah, beserta pembuatan soalnya.


“Alhamdulillah MGMP PAI pada SMP Kota Depok ini kompak. Soal-soal ujian sekolah disusun oleh guru-guru dalam wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)”. Ujar Sumiyati, Guru Mapel PAI di SMPN 6 Kota Depok, saat ditemui di ruang sekretariat panitia ujian sekolah.


“Kami di MGMP PAI SMP siap membantu membuat soal ujian sekolah Mapel PAI, agar konten dan kualitasnya sesuai dengan yang diharapkan pada Kisi-Kisi Soal PAI Kemenag”, tambah Sumiyati saat mengomentari pertanyaan tentang kesiapan GPAI dalam menyusun soal ujian.


Pada kegiatan monitoring ini, ada beberapa aspek menjadi perhatian, di antaranya administrasi pelaksanaan ujian sekolah, jumlah peserta ujian sekolah PAI Program Kerja US, dasar hukum pelaksanaan US, susunan kepanitian US, Soal-soal dan kisi kisi US, dll. Adapun jumlah peserta US PAI di SMPN 6 Depok sebanyak 423 siswa,  yaitu 204 perempuan dan 189 laki-laki (Sum/San).




Terkait