(Galeri MGMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dukung Pelaksanaan PRV I ROHIS

Illustrasi Foto (Direktorat PAI Kemenag)

Semarang (MGMP/DitPAI)-- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, melalui Sekretaris Dinas Suyanta, mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan Virtual (PRV) I untuk ROHIS SMA-SMK se-Provinsi Jawa Tengah.

Pernyataan tersebut disampaikan Suyanta dalam acara Audiensi Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPW AGPAII) Jawa Tengah dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah pada hari Jumat (25/2).

Dalam arahannya, Suyanta mengimbau agar pelaksanaan PRV mampu memberikan nilai positif, terutama bagi generasi muda yang rentan terpapar paham radikalisme dan intoleransi. Lebih lanjut, Suyanta berharap kepada guru PAI, terutama di sekolah negeri, agar mampu memberikan teladan dan warna dalam menjaga keutuhan NKRI serta menepis munculnya paham radikalisme dan intoleransi di sekolah. “Banyak aktivitas keagamaan di sekolah negeri yang saat ini dikelola oleh guru non-PAI, hal ini rentan terhadap masuknya bibit-bibit radikalisme dan intoleransi, maka guru PAI harus mampu mengambil alih peran tersebut,” imbuhnya.

Suyanta juga mengapresiasi pelbagai kegiatan DPW AGPAII Jawa Tengah yang sudah menjadi mitra pemerintah dalam membantu mewujudkan visi Gubernur Jawa Tengah, yaitu membangun masyarakat yang religius, toleran, dan guyub untuk menjaga NKRI.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris DPW AGPAII Jawa Tengah Syaekudin melaporkan kegiatan-kegiatan DPW AGPAII Jawa Tengah selama beberapa tahun terakhir, antara lain kegiatan advokasi yang dilaksanakan oleh AGPAII dalam memperjuangkan nasib dan kesejahteraan GPAI pada semua jenjang.

Syaekudin juga melaporkan pemanfaatan platform digital berupa AGPAII digital yang di dalamnya terdapat berbagai kemudahan dalam menunjang tugas pokok dan fungsi GPAI dalam pembelajaran. Lebih lanjut, pria yang juga pembina ROHIS Jateng ini memaparkan pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik maupun profesional GPAI dan Kemah Rohis baik secara luring maupun daring yang selalu dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selanjutnya, delegasi juga melaporkan rencana kegiatan Pesantren Ramadhan Virtual (PRV) I tahun 2022. Ketua PRV I Yusuf Setiaji menyampaikan rundown kegiatan PRV I dan kegiatan Pesantren Ramadhan yang berisi kajian-kajian kitab salaf yang dilaksanakan secara hybrid selama sepekan dan rencana kegiatan mingguan di setiap Sabtu sore berupa ngabuburit menjelang buka puasa dengan menghadirkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Taj Yasin. Kegiatan PRV I akan ditutup dengan Takbiran Virtual pada malam Idul Fitri.
Kegiatan audiensi tersebut juga dihadiri oleh kepala seksi (kasi) dan staf dari bidang SMA-SMK dan delegasi dari DPW AGPAII Jawa Tengah Audiensi berakhir pada pukul 15.00 WIB. (SY).

Kontributor: Syaekudin

Editor : Saiful Maarif



Terkait